Aritmatika Sosial

ARITMATIKA SOSIAL
Harga Pembelian, Harga Penjualan, Untung dan Rugi
Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita menjumpai atau melakukan kegiatan jual beli atau perdagangan. Dalam perdagangan terdapat penjual dan pembeli. Jika kita ingin memperoleh barang yang kita inginkan maka kita harus melakukan pertukaran untuk mendapatkannya. Misalnya penjual menyerahkan barang kepada pembeli sebagai gantinya pembeli menyerahkan uang sebagai penganti barang kepada penjual.
Seorang pedagang membeli barang dari pabrik untuk dijual lagi dipasar. Harga barang dari pabrik disebut modal atau harga pembelian sedangkan harga dari hasil penjualan barang disebut harga penjualan. Dalam perdagangan sering terjadi dua kemungkinan yaitu pedagang mendapat untung dan rugi.

Harga Pembelian atau Harga Beli
Harga Pembelian (B) atau Harga Beli adalah harga yang disepakati untuk membeli suatu barang, yakni sejumlah uang yang dikeluarkan untuk membeli atau memperoleh suatu barang. Atau bisa juga harga barang dagangan langsung dari pabrik, grosir, atau tempat lainnya. Rumus untuk menentukan Harga Pembelian adalah sebagai berikut:
 

close