Mengenal Asessmen Kompetensi Minimum (AKM)

Mengenal Asessmen Kompetensi Minimum (AKM)|dionhandoko.blogspot.com
Perubahan Ujian Nasional 
menjadi 
Asessmen Kompetensi Minimum 
(Masih Proses Perencanaan)

Pengertian AKM ( Asessmen Kompetensi Minimum )

AKM merupakan salah satu gebrakan yang dilakukan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melalui program Merdeka Belajar. "Tahun 2021 UN akan diganti menjadi asesmen kompetensi minimum dan survei karakter," ujar Nadiem saat memaparkan program Merdeka Belajar di Hotel Bidakara,Jakarta, akhir tahun lalu. Menurut Nadiem, AKM dapat menjadi penilaian yang lebih komprehensif untuk mengukur kemampuan minimal siswa. Nantinya, AKM akan berisi materi yang meliputi tes kemampuan Literasi, Numerasi dan Pendidikan Karakter.


Informasi di atas dapat kita ketahui bahwa AKM meliputi tes kemampuan Literasi, kemampuan Numerasi, dan kemampuan Pendidikan Karakter. Asesmen diprogramkan oleh pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yang masih jauh dengan Negara lainnya. Hasil pendidikan di Indonesia dapat dinyatakan masih jauh dengan negara lain dapat dilihat dari hasil PISA (Programme for International Student Assesment) yang dilaksanakan setiap tiga tahun sekali. PISA merupakan sebuah studi internasional yang fokus pada penilaian literasi, sains, dan matematika. PISA ini diselenggarakan oleh negara-negara OECD (Organization for Economic CO-operation and Development).

ALASAN UN ( UJIAN NASIONAL ) DITIADAKAN DAN KEMUNCULAN AKM

UN diberhentikan berdasarkan dari hasil evaluasi-evaluasi selama ini yang ternyata UN akan ditiadakan karena tiga alasan. Alasan yang pertama bobot materi pada UN sangat berat dan KD (kompetensi dasar) tiap soalnya terlalu banyak sehingga ini membuat masalah bagi siswa dan guru mapel. Alasan kedua pada soal-soal UN hanya berada pada konteks menghapal dan memahami sehingga penalaran siswa dalam menjawab soal UN jarang digunakan, hal tersebut bertentangan dengan konsep pendidikan Abad-21 yaitu yang terdiri dari 4C; kreatif, kerjasama, komunikasi, dan berpikir kritis. Alasan ketiga UN hanya menilai pada aspek kognitif tetapi tidak masuk ke ranah sosial maupun spiritual. [ Lina Rahayu, MGMP Matematika. 23 Oktober 2020 pukul 20.45 WIB ]. Berdasarkan alasan tersebut akhirnya pemerintah akan memunculkan assemen yang baru yaitu AKM, sehingga peserta didik dalam pemecahan soalnya tidak hanya mampu memecahkan soal dengan kemampuan memahami dan menghapal saja namun mereka diharuskan mampu menyelesaikan soal dengan kemampuan berpikir, bernalar, memahami, dan menganalisis, jadi kemampuan bernalarnya ditingkatkan.  

HUBUNGAN PERENCANAAN SOAL-SOAL AKM DENGAN SOAL PISA

AKM direncanakan untuk jenjang SD, SMP, dan SMA tepatnya pada kelas 5 SD, 8 SMP, dan kelas 11 SMA. AKM matematika akan berfokus pada numerasi yang biasa terdapat pada soal-soal PISA. Berfokus pada soal-soal PISA karena pengukuran penilaian AKM akan berfokus pada pengukuran literasi, sains, dan matematika sehingga terdapat hubungan antara AKM dengan PISA. Kita ketahui bersama bahwa Indonesia mulai mengikuti PISA pada tahun 2000 namun perkembangan hasil PISA tersebut belum maksimal sampai sekarang. Informasi terkahir untuk hasil PISA di negara Indonesia pada tahun 2018, rata-rata pengukuran penilaian hasil Indonesia berada posisi di 72 dari 79 negara yang telah mengikuti program PISA tersebut. Hasil PISA dari tahun 2015 - 2018 penurunanya sangat drastis sekali terutama pada numerasi dan literasi. Alasan kita mengukur mutu pendidikan Indonesia dengan hasil PISA karena PISA adalah ukuran patokan pendidikan pada dunia International, standar pendidikan negara terpengaruh dari hasil PISA. Selain mengukur mutu pendidikan Indonesia dengan hasil PISA, kita dapat juga mengukurnya dari program TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) yang berkonsep pada sains dan numerasi. pengambilan kemampuan setiap siswanya diambil secara acak atau random pada tiap provinsi. AKM akan berfokus pada soal-soal pisa alasannya karena agar setiap siswa beradaptasi pada soal-soal PISA sehingga bisa meningkatkan mutu pendidikan siswa. Indonesia mempunya penilaian Asessmen ciri khas dengan PISA yaitu Indonesia akan menilai kemampuan pendekatan spiritual setiap siswanya. Fokusnya adalah pendidikan karakter yang terdapat setiap siswa.

Contoh Soal Numerasi pada AKM

Soal di atas merupakan salah satu contoh soal yang bersifat numerasi. Soal tersebut terdapat informasi narasi, informasi tabel, dan informasi diagram serta saling berhubungan sesuai dengan data ilmiah. Angka-angka yang dimunculkan pada soal-soal AKM bukan didapat dari angka yang asal-asalan dibuat namun angka tersebut didapatkan dari informasi ilmiah atau sesuai dengan penelitian kondisi realnya. Soal-soal pada AKM adalah soal-soal yang bersifat kontekstual artinya benar-benar real dirasakan dan efeknya siswa benar-benar mengerti. AKM berfokus menekankan pada literasi, data ilmiah, serta kontekstual atau berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Kesulitan siswa mengerjakan soal-soal PISA seperti AKM ini secara umum siswa belum dapat memahami konteks dalam cerita ketika soalnya berbentuk narasi, jadi dapat dikatakan bahwa literasi membaca siswa saat ini sangat buruk karena selama ini guru dalam bidang matematika hanya memberikan soal kepada siswa yang berfokus pada operasi melihat angka-angka saja sehingga ketika terdapat soal narasi, kebanyakan siswa susah menangkap konteks dalam suatu narasi tersebut dan mengabaikan soal-soal yang sifatnya kontekstual. Hal tersebut merupakan tugas baru buat para guru milenial zaman sekarang untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam hal literasi. Selain itu, PISA memberikan soal yang dimana penyelesaiannya harus menggunakan penggaris digital, kalkulator, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan bidang teknologi sehingga penggunaan ilmu teknologi pada era sekarang dalam bidang pendidikan juga harus diperhatikan karena dari data tes yang diberikan oleh organisasi PISA, anak yang mampu menggunakan IT dengan baik, skor mereka lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang tidak mampu menggunakan IT dengan baik.

Download Bank Soal AKM LEVEL 5 dan 6 Edisi 2020 KLIK DISINI

Download aplikasi Akm KLIK DISINI


close