Alat peraga kenik aljabar

Alat peraga kenik aljabar|alat, peraga, kenik aljabar
Alat Peraga Kenik Aljabar

alat-peraga-kenik-aljabar
SEJARAH SINGKAT ALAT PERAGA
 
Alat peraga “Kenik Aljabar” ini sengaja saya pilih dan saya buat karena melihat banyaknya manfaat yang bisa didapatkan oleh siswa.Jadi siswa akan menggunakan proses matematika dalam alat peraga ini yaitu untuk mempraktekan penyelesaian PLSV yang bersifat abstrak ke nyata. Kenik Aljabar adalah alat peraga matematika yang digunakan siswa khususnya ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel (PLSV). Kenik aljabar diambil dari kata kenik (keni-pvc) merupakan sambungan pipa yang berbentuk “L”, di samping itu menggunakan stik/pensil yang menyatakanbesardarivariabeldankonstanta.Alatperagainiditemukanmelalui Workshop Matematika FKIP UHAMKA tahun 2004, yang dipelopori oleh Drs. Slamet Soro, M.Pd. 

VARIANS (PERBEDAAN ALAT PERAGA DENGAN ANGGOTA LAIN)
 Perbedaan alat peraga ini terletak pada bentuknya, alat peraga yang saya buat berbentuk seperti tembok istana di negeri dongeng, sedangkan anggota yang lain berbentuk persegi dengan ukuran 70cm x 50cm.

ALAT DAN BAHAN
1. Papan triplek 40cm x 22 cm 
2. Paku 
3. 4 buahkenipvc 
4. Stick ice cream 
5. Akrilik 
6. LemKorea 
7. Melamik/Cat kayu 
8. Kuas 
9. Gunting 
10. Palu 
11. Gergaji 
12. Pensil 
13. Penggaris 
14. Sticker 

CARA MEMBUAT 
1. Potongtripleksehinggamembentukukuran 40 cm x 22 cm 
2. Sambungkanmasing – masingkeni-pvc dengan triplekpadabagian yang sudahdilubangkan. 
3. Berilah warna pada triplek dengan melamik/cat kayu sesuai dengan warna yang di inginkan menggunakan kuas. 
kenik-aljabar-warna
4. Setelah diberikan warna dengan menggunakan melamik/cat kayu, maka jemurlah dibawah sinar matahari supaya cepat kering. 
5. Tempelkan akrilik dengan menggunakan lem korea pada triplek tempat stick supaya dapat terlihat. 
6. Untuk bagian terakhir yaitu tempelkan sticker pada alat peraga.
7. Jadilah Alat peraga Kenik Aljabar. 

CARA MENGGUNAKAN 
1. Tentukan penyelesaian dari 3x + 4 = 2x +5, penyelesaiannya dapat diilustrasikan oleh gambar berikut : 
cara-gunain-kenik-aljabar
2. Pisahkan variabel dan konstanta pada ruas yang berbeda, dengan menjadikan ruas kiri hanya x dan ruas kanan hanya konstanta, yaitu dengan memasukkan stik pada lubang kenik negatif.

proses-gunain-kenik-aljabar

3. Sehingga diperoleh penyelesaian dari 3x + 4 = 2x +5 adalah x = 1. 
proses-menggunakan-kenik-aljabar

KELEBIHAN 
Alat peraga ini dapat memudahkan siswa untuk menyelesaikan masalah aljabar dan menyelesaikan permasalahan SPLSV yang bersifat abstrak kenyata. 

KEKURANGAN 
Kekurangan dari alat peraga ini yaitu hanya dapat menentukan masalah masalah aljabar yang sederhana. 

LEVEL KOGNITIF 
Berdasarkan tahapan perkembangan kognitif menurut Jean Piaget dalam spesifikasi alat praga, kenik aljabar berada pada level/ tahap “operasional formal”(usia 11 tahun keatas), dimana pada tahap ini siswa ditandai dengan mampu berfikir secara abstrak, menalar secara logis, menarik kesimpulan. 

JENJANG ALAT PERAGA TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET 
Jenjang penggunaan alat peraga ini yaitu untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama tetapi alat peraga ini tidak hanya dapat dipergunakan di SMP, dapat juga di pergunakan di SMA, namun untuk jenjang SMP alat peraga ini sebagai pengenalan materidasaraljabar. Seperti pada teori perkembangan kognitif Jean Piaget diharapkan para siswa dapat beradaptasi dengan menginterpretasikan objek disekitarnya dan bagaimana siswa dapat mempelajari ciri – ciri dan fungsi dari objek tersebut seperti alat peraga KenikAljabar ini. 

KEMAMPUAN MATEMATIKA YANG DAPAT DIKEMBANGKAN 
Pada alat peraga kenik aljabar ini, kemampuan matematika yang dapat dikembangkan yaitu pertama, kemampuan pemahaman matematik terutama pemahaman induktif, karena kenik aljabar mengajak siswa untuk menerapkan rumus atau konsep dalam kasus sederhana atau serupa. Kedua, kemampuan pemecahan masalah matematik, dimana siswa diajak memecahkan masalah aljabar pada alat praga ini. Ketiga, kemampuan penalaran matematik, dimana siswa diajak menarik kesimpulan dari penyelesaian masalah aljabar.
close