Alat peraga chicken jumping

Alat peraga chicken jumping|alat, peraga, chicken jumping
Alat Peraga Chicken Jumping

alat-peraga-chicken-jumping
SEJARAH SINGKAT ALAT PERAGA
 
Chicken Jumping (Loncat Ayam) adalah suatu permainan yang bertujuan untuk merangsang penalaran siswa. Permainan ini terdiri dari 11 lubang dan sepuluh pasak yang berupa ayam. Lima lubang dibagian kiri untuk lima ayam jantan dan lima lubang dibagian kanan untuk lima ayam betina. Sedangkan satu lubang yang berada ditengah adalah sebagai pembatas antara ayam jantan dan ayam betina. Loncat ayam ini dapat digunakan untuk menemukan suatu barisan dan pola bilangannya dengan cara bermain.

VARIANS (PERBEDAAN ALAT PERAGA DENGAN ANGGOTA LAIN) 
Alat peraga yang dibuat berbentuk papan akrilik yang terdapat 11 lubang. Dan 10 pasak yang biasanya berupa katak diganti dengan ayam, dimana lima lubang yang berada di kiri untuk ayam jantan dan lima lubang yang berada di kanan untuk ayam betina. Sedangkan satu lubang yang berada di tengah adalah batas antara ayam jantan dana yam betina. Papan akrilik tersebut dapat dilipat sama panjang sehingga alat peraga ini menjadi lebih fleksibel untuk dibawa, serta ayam yang dipakai adalah ayam mainan yang terbuat dari karet sehingga memudahkan proses pembuatan alat peraga menjadi lebih efisien. 

ALAT DAN BAHAN 
1. Cutter khusus akrilik 
2. Mistar / meteran 
3. Laser untuk memotong akrilik 
4. Akrilik warna (tebal 5mm) 
5. Engsel 
6. Lem 
7. Ayam mainan 

CARA MEMBUAT 
1. Membuat desain gambar sesuai rencana. 
2. Mempersiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. 
3. Gambar dua buah persegi panjang berukuran 68 cm 8 cm pada akrilik warna. 
4. Potong gambar persegi panjang tersebut menggunakan cutter khusus akrilik.
5. Buat 11 lubang berdiameter 4 cm pada salah satu persegi panjang tersebut dengan laser untuk akrilik.
6. Tempelkan kedua persegi panjang tersebut dengan menggunakan lem khusus akrilik sebagai papan alas alat peraga. 
7. Potong papan alas tersebut sehingga terbagi 2 sama panjang dengan menggunakan laser. 
8. Tempelkan engsel pada kedua potongan papan alas tersebut. 
9. Letakkan ayam mainan pada bagian yang telah dilubangin pada bagian atas papan alas. 
10. Alat peraga loncat ayam siap digunakan. 

CARA MENGGUNAKAN 
Aturan permainan: Pindahkan kelompok ayam jantan ke kelompok ayam betina (posisi awal: kedua kelompok dipisahkan oleh sebuah lubang yang terletak di tengah dan masing-masing kelompok berdiri berjajar) dengan aturan : 
1. Setiap kali melangkah hanya boleh mengangkat satu ayam. 
2. Dalam melangkah bila terjadi lompatan hanya boleh diijinkan melompati satu ayam berlainan jenis, bila tidak ada ayam yang dilompati maka ayam yang dipegang hanya diijinkan digeser satu langkah. 
3. Tidak diperbolehkan melangkah mundur. Petunjuk kerja: Untuk percobaan menggunakan satu pasang ayam: 1. Langkah pertama misal memegang ayam betina paling depan dengan melangkah satu geseran. 2. Gerakkan ayam jantan satu langkah melompati ayam betina tadi. 3. Kemudian geser ayam betina ke depan. Untuk percobaan menggunakan lebih dari satu pasang ayam : 1. Langkah pertama misal memegang ayam betina paling depan dengan melangkah satu geseran. 2. Gerakkan ayam jantan satu langkah melompati ayam betina yang pertama digerakkan. 3. Gerakkan ayam jantan berikutnya dengan melangkah satu geseran. 4. Kemudian ayam betina yang terdepan terdepan digerakkan melompati ayam di depannya, lalu ayam betina berikutnya, demikian seterusnya untuk langkah-langkah berikutnya. Dari percobaan akan dicari banyaknya langkah untuk memindahkan n pasang ayam, di mana banyaknya (total) langkah adalah banyaknya perpindahan minimal. Banyaknya langkah pemindahan tergantung banyaknya pasang ayam dan akan membentuk pola bilangan. 

KELEBIHAN 
1. Memudahkan siswa untuk menentukan pola barisan bilangan sederhana. 
2. Memperjelas makna pola barisan bilangan sederhana sehingga siswa lebih mudah memahaminya. 
3. Alat peraga ini mudah dibawa kemana-mana (fleksibel). 

KEKURANGAN 
1. Memerlukan banyak waktu dalam pembelajaran menggunakan alat peraga ini. 
2. Engsel yang ditempel untuk menyatukan papan alas rentan lepas. 
3. Rentan pecah jika terjatuh. 

LEVEL KOGNITIF 
Pengetahuan Alat peraga ini membantu siswa mengenal ilmu berhitung, barisan dan deret matematika. Pemahaman Alat peraga ini membantu siswa memahami dan berfikir bahwa belajar matematika tidak terlalu sulit bahkan menyenangkan mengenai barisan dan deret matematika. Analisis Bahwa pembelajaran matematika tingkat Sekolah Menengah apabila disertai dengan permainan yang asyik dan membanggakan, maka materi tersebut akan mudah dipelajari. Sintesis Belajar sambil bermain mampu meningkatkan kerja otak. 

JENJANG ALAT PERAGA 
Alat peraga ini digunakan untuk tingkat SMP dan SMA. 

KEMAMPUAN MATEMATIKA YANG DAPAT DIKEMBANGKAN 
Alat peraga Chicken Jumping ini digunakan untuk menemukan suatu barisan dan pola bilangan pada pokok bahasan barisan dan deret.

close