Alat peraga puzzle pythagoras

Alat peraga puzzle pythagoras|alat, peraga, puzzle pythagoras
Alat Peraga Puzzle Pythagoras

alat-peraga-puzzle-pythagoras
S
EJARAH SINGKAT ALAT PERAGA
Pengertian puzzle menurut Patmonodewo (Misbach, Muzamil, 2010) kata puzzle berasal dari bahasa Inggris yang berarti teka-teki atau bongkar pasang, media puzzle merupakan media sederhana yang dimainkan dengan bongkar pasang. Berdasarkan pengertian tentang media puzzle, maka dapat disimpulkan bahwa media puzzle merupakan alat permainan edukatif yang dapat merangsang kemampuan matematika anak, yang dimainkan dengan cara membongkar pasang kepingan puzzle berdasarkan pasangannya. Muzamil, Misbach (2010) menyatakan beberapa bentuk puzzle,salah satunya adalah Puzzle konstruksi. Puzzle rakitan (construction puzzle) merupakan kumpulan potongan-potongan yang terpisah, yang dapat digabungkan kembali menjadi beberapa model. Puzzle Pythagoras adalah keping-keping pythagoras yang digunakan untuk mebuktikan teorema Pythagoras. 

VARIANS (PERBEDAAN ALAT PERAGA DENGAN ANGGOTA LAIN) 
Alat peraga yang dibuat beralaskan papan akrilik yang berbentuk papan catur lipat berlapis seng. Sedangkan keping keping Pythagoras dari akrilik berlapis magnet dapat disimpan dalam papan catur lipat. Sehingga pada saat digunakan, keping-keping tersebut dapat menempel pada papan alas. 

ALAT DAN BAHAN 
1. Cutter khusus akrilik 
2. Mistar / meteran 
3. Akrilik warna (tebal 2mm) 
4. Engsel 
5. Lem

CARA MEMBUAT
1. Membuat desain gambar sesuai rencana. 
2. Mempersiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. 
3. Gambar satu buah persegi berukuran 60 cm 60 cm pada akrilik warna putih kemudian potong menggunakan cutter. 
4. Persegi yang telah dipotong tersebut dibagi dua sama besar.. 
5. Buat list untuk papan alas dengan ukuran 60 cm 2cm sebanyak 2 buah dan 30 cm 2 cm sebanyak 4 buah. 
6. Rakit potongan-potongan tersebut dengan lem dan beri engsel sehingga membentuk papan catur lipat. 
7. Gambar 2 buah persegi berukuran 16 cm 16 cm (kemudian potong menjadi 4 bagian berbentuk segiempat tidak beraturan), 2 buah persegi berukuran 12 cm 12 cm dan sebuah segitiga berukuran 12 cm 16 cm. 
8. Alat peraga Puzzle Pythagoras siap digunakan. 

CARA MENGGUNAKAN 
Translasikan potongan-potongan pada persegi kecil dan sedang ke persegi besar (sisi miring segitiga), secara tepat dan sebaliknya. Translasikan potongan-potongan pada persegi besar (sisi miring segitiga) ke persegi kecil dan sedang secara tepat pula hingga terbukti bahwa 2 buah persegi yang kecil dan persegi yang sedang dapat menutupi sebuah persegi yang besar serta terbukti bahwa 1 buah persegi yang besar dapat menutupi 2 buah persegi yang kecil dan persegi yang sedang. 

KELEBIHAN 
1. Memudahkan siswa untuk menemukan Teorema Pythagoras dengan menggunakan model puzzle. 
2. Memperjelas makna Teorema Pythagoras. 
3. Memudahkan siswa menyatakan rumus yang diturunkan dari Teorema Pythagoras. 
4. Memudahkan siswa untuk menghitung salah satu sisi segitiga siku-siku jika sisi lainnya diketahui. 
5. Alat peraga ini mudah dibawa kemana-mana (fleksibel).

KEKURANGAN
1. Memerlukan banyak waktu dalam pembelajaran menggunakan alat peraga ini. 
2. Engsel yang ditempel untuk menyatukan papan alas rentan lepas. 
3. Rentan pecah jika terjatuh. 

LEVEL KOGNITIF 
Pengetahuan Alat peraga ini membantu siswa mengenal bagaimana cara nya memperoleh nilai sisi miring pada segitiga siku-siku. Pemahaman Alat peraga ini membantu siswa memahami pembuktian teorema phytagoras. Analisis Dengan menggunakan kepingan-kepingan bangun datar yang memenuhi luas daerah persegi pada alas dan tinggi segitiga dapat ditranslasikan pada luas daerah persegi pada sisi miring segitiga. Aplikasi Luas derah persegi ukuran 12 cm 12 cm pada alas segitiga dan luas daerah persegi ukuran 16 cm 16 cm pada tinggi segitiga yang terdiri dari 4 kepingan segi empat tak beraturan, dapat ditranslasikan kedua luas daerah persegi tersebut menjadi luas daerah persegi 20 cm 20 cm. Sintesis Jika c adalah panjang sisi miring/hipotenusa segitiga, a dan b adalah panjang sisi siku-siku. Berdasarkan teorema Pythagoras di atas maka diperoleh hubungan: 𝑐^2 = 𝑎^2 + 𝑏^2 Dalil pythagoras tersebut dapat diturunkan menjadi: 𝑎^2 = 𝑐^2 − 𝑏^2.  𝑏^2 = 𝑐^2 − 𝑎^2 

JENJANG ALAT PERAGA 
Alat peraga ini digunakan untuk tingkat SMP dan SMA. 

KEMAMPUAN MATEMATIKA YANG DAPAT DIKEMBANGKAN
Alat peraga Puzzle Pythagoras ini digunakan untuk menunjukkan kebenaran rumus Pythagoras pada segitiga siku-siku bahwa kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi siku-sikunya.
close