Alat Peraga Tangram
Awal mula tangram ditemukan dan siapa penemunya tidak
tercatat dalam sejarah China. Buku pertama yang mencatat tentang
tangram dipublikasikan di China pada tahun 1813, namun saat itu
tangram sudah dianggap permainan kuno. Menurut cerita, tangram
merupakan teka-teki yang sering dimainkan oleh orang-orang Tanka
yang hidup di atas kapal-kapal dagang Cina di pelabuhan-pelabuhan
Cina sekitar 4000 tahun yang lalu. Orang-orang Tanka berdagang
dengan kapal-kapal asing. Kemungkinan nama tangram diambil
dari tanka game. Satu alasan yang bisa diberikan mengapa Tangram
diyakini sebagai permainan yang berasal dari China walalupun
buktinya kurang kuat adalah kemungkinan bahwa tangram merupakan
permainan wanita dan anak-anak pada saat itu, sehingga
pembelajaran yang mendalam tentang tangram dianggap sia-sia pada
jamannya.
Tangram mulai dikenal di Eropa & Amerika pada awal abad ke
19, yang mestinya karena tali perdagangan dengan China yang
meningkat. Ada beberapa orang yang mencari berapa banyak bentuk
convex (cembung) yang bisa dibentuk dari keping-keping tangram
tersebut. Fu Traing Wang dan Chuan-Chih Hsiung membuktikan
bahwa jawabannya adalah 13 (tiga belas). "Bentuk convex itu
digambarkan sebagai berikut: bila ada suatu gambar di kertas dan
Anda menggambar dua titik di dalam gambar tersebut (lokasi titik
boleh di mana saja, asal masih di dalam gambar), lalu menarik garis
lurus antara dua titik tersebut, jika ternyata garis tersebut selalu
berada di dalam gambar, maka gambar tersebut adalah convex.
Tangram yang dulunya hanya permainan kini banyak digunakan
sekolah-sekolah dasar untuk membantu proses belajar. Bahkan satu
sekolah dasar di Amerika mengunakan tangram sebagai alat
pemersatu murid-murid sekolah yang datang dari berbagai suku dan
bangsa.
VARIANS
(PERBEDAAN
ALAT PERAGA
DENGAN
ANGGOTA LAIN)
Perbedaan alat peraga ini terletak pada pola bangun datarnya
ALAT DAN
BAHAN
1. Acrylic .
2. Cutter
CARA MEMBUAT
1. Potong persegi menjadi dua segitiga
2. Ambil satu segitiga lalu libat menjadi dua bagian. Potong pada
lipatan agar menjadi dua segitiga yang lebih kecil
3. Ambil segitiga lainnya lalu lipat sedikit di tengahnya. Lipat sudut
segitiga yang berlawanan dengan lipatan, lalu potong
4. Lipat trapesium menjadi dua bagian kemudian lipat kembali.
Potong keduanya,
5. Lipat trapesium kecil yang tersisa lalu potong menjadi dua.
CARA
MENGGUNAKAN
1. Siapkan tangram
2. Buat bangun datar dengan kepingan tangram
KELEBIHAN
1. Mudah dibawa kemana saja
2. Mudah Dipahami
KEKURANGAN
Hanya dapat mempelajari Bangun datar saja
LEVEL KOGNITIF PEMAHAMAN
Memahami ciri – ciri dan perbedaan bagian – bagian dari bangun
datar setelah menggunakan media pembelajaran berupa alat peraga
tersebut.
PENGETAHUAN
Mengetahui konsep dari materi Dimensi 2
APLIKASI
Setelah memahami dan mengetahi konsep dari materi Dimensi 2
menggunakan alat peraga ini, maka siswa diharapkan dapat
mengaplikasikan pemahaman konsep bangun datar tersebut dalam
kehidupan sehari – hari.
ANALIS Setelah memahami, mengetahui dan dapat mengaplikasikan konsep
bangun datar ini, siswa dapat menganalisis tentang materi Dimensi 2.
Sehingga siswa yang menemukan konsep Dimensi 2 maupun rumus –
rumus bangun datar sendiri.
JENJANG ALAT
PERAGA
TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET
Jenjang penggunaan alat peraga ini yaitu untuk Siswa Sekolah Dasar
KEMAMPUAN
MATEMATIKA
YANG DAPAT
DIKEMBANGKAN
1. Siswa dapat mengembangkan ciri – ciri dari bangun datar tersebut
2. Siswa dapat membuat suatu bangun datar dari beberapa bangun
datar