Dasar-dasar Pengetahuan Umum Shalat

Dasar-dasar Pengetahuan Umum Shalat|dasar, pengetahuan, shalat
 Dasar Pengetahuan Umum Shalat
dasar-dasar-pengetahuan-shalat
Sekedar perlu kita ketahui bersama, diantara kita menyebutkan pelaksanaan shalat tanpa putus, jadi jangan pernah melepaskan hubungan dengan dzat illahiyah yang selalu menjaga nafas keluar masuk dari tenggorokan ke mulut kita. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah Al-Baqarah {2} : 186 yang menyatakan : "Dan apabila hamba-hamba-Ku 
bertanya kepadamu(Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Dan firman Allah SWT dalam surah Qoof{50}: 16 yang menyatakan:"... Dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.".  Dari maksud tersebut, kita ketahui bersama bahwa melaksanakan perintah Shalat ini adalah berma'rifat kepada Allah SWT, jadi kalu berma'rifat harus mengetahui dan memahami seluruh teori seperti diatas. Adapun kunci ma'rifat ini tidak banyak yaitu :
1. Senangkan diantara kita yang lain diatas penderitaan kita, kesengsaraan kita, tangisan kita dan kesedihan kita.
2. Berbuat baiklah kepada diantara kita, orang terdekat kita, keluarga kita, makhluk Allah SWT yang lain tanpa pamrih, adapun pamrih disini dengan makna yang luas, karena perlu kita ketahui pamrih disini bermaksud perbuatan kebaikan hanya karena ingin dipuji ingin juga pamrih.
3. jangan pernah menyakiti makhluk lain
4. JURUS, yaitu JUJUR dan LURUS baik tindakan maupun ucapan.
Maka kalo kita hendak melaksanakan shalat dengan khusus hendaknya kita mempelajari ma'rifat, adapun semua dasar kajiannya adalah Al-Qur'an dan Sunnatullah. Dalam surah Adz-Dzaariyaat{51} : 56 yang menyatakan : "Dan Aku tidak ciptakan Jin dan Manusia melainkan supaya mereka mengabdi Kepada-Ku."
Manusia sejati tidak ada bedanya dengan malaikat... kalo manusia itu mampu untuk selalu memegang teguh "fitrah" keberadaan dirinya dimuka bumi ini. 
Perlu kita ketahui bersama kemuliaan hanya bisa kita dapat dengan jalan mengembalikan 'fitrah' akal kepada 'fitrah' sejati yang diciptakan oleh Allah SWT. Akal pikir kita yang diberikan oleh Allah SWT, seharusnya mampu untuk menjadikan kita sebagai manusia berada pada tatanan kehidupan yang tertinggi dibanding makhluk-makhluk lain. Akan tetapi disisi lain akal pikir kita sebagai pelaksanaan shalat kita sebagai manusia yang terendah dibanding makhluk lainnya. Jadi sangat perlu kita ketahui didalam Al-Qur'an banyak ayat yang menyebutkan tentang pelaksanaan shalat. Shalat itu berbuat kebaikan, shalat itu mencegah perbuatan keji dan munkar, shalat itu mengingat yaitu apa ynag perlu kita ingat? yaitu segala perintah dan larangan Allah SWT.
close