cara upload file classroom belajar id agar dilihat siswa

cara upload file classroom belajar id agar dilihat siswa|belajar id, upload, dilihat siswa
Upload file dokumen classroom belajar id  agar dapat dilihat oleh Siswa 
/cara-upload-file-classroom-belajar-id-agar-dilihat-siswa
Pembahasan kali ini tentang permasalahan yang sering dialami oleh guru yang memiliki email dengan akhiran belajar id dan berhubungan dengan akun classroom, salah satunya adalah Format drive penyimpanan yang diberikan oleh KEMENDIKBUD. Format drive tersebut terdapat kejanggalan yaitu apabila kita tidak melakukan settingan maka file yang kita bagikan kepada peserta didik tidak akan bisa dibuka secara langsung karena memerlukan persetujuan.


Oke tanpa basa-basi lagi berikut cara upload file dokumen/gambar/ppt/video di classroom dengan email belajar id agar dapat dilihat oleh siswa :
1. Buka kelas classroom dengan email belajar id milik bapak/ibu.
2. pilih kelas.
3.klik tugas kelas lalu buat dan pilih tugas.
4. bapak/ibu silakan upload filenya sesuai keinginan bapak/ibu yang akan dibagikan kepada siswanya. File drive akan muncul pada bagian bawah, seperti contoh di bawah ini : 
buat-dan-pilih-tugas-classroom

5. bapak/ibu buka tab halaman baru, masukkan alamat web dirver, seperti di bawah ini :
alamat-web-driver-guru-belajar-id

6. klik folder terbaru, maka file yang baru bapak/ibu upload barusan pada classroom akan muncul.

7. klik kanan file berkas yang bapak/ibu buatkan pada folder terbaru.

8. pilih bagikan, kemudian lihat bagian posisi atas terdapat pemilik, editor, dan pengakses lihat saja. silakan bapak/ibu bisa menghapusnya dengan klik hapus pada tiap editor dan pengakses lihat saja kemudian hapus.

driver-guru-belajar-id

9. setelah selesai menghapus editor dan pengakses lihat saja, bapak/ibu bisa klik simpan 

10. kemudian perhatikan di bagian dapatkan link, biasanya di awal terdapat tulisan "berbagi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (jenjang sekolah)" Nah inilah permasalahan siswa tidak bisa melihatnya. bapak/ibu bisa mengklik kemudian, ganti menjadi "siapa saja yang memiliki link". 

driver-dari-belajar-id

11. klik selesai


Perhatian : Untuk bagian "EDITOR" dan "PENGAKSES LIHAT SAJA" pda file driver di bagian atas yang ada tulisan kelasnya dengan email guru belajar id, setiap datanya yang akan kita hapus  itu akan muncul kembali otomatis, mungkin sehari bisa hilang, namun besoknya akan muncul lagi, hal tersebut menjadi tidak masalah apabila tugas yang kita berikan kepada anak-anak tidak ada yang hilang. Namun, selama saya sudah pakai kurang dari satu bulan, tidak ada masalah pada tugas yang saya berikan kepada anak-anak. Mungkin antara GOOGLE dengan pihak KEMENDIKBUD sudah mempunyai kesepakatan awal dalam penyimpanan drive tanpa batas yang diberikan oleh guru belajar id.  yah namanya juga gratis penyimpanan tanpa batas hehe..
Itulah informasi yang dapat saya berikan kepada teman-teman guru, semoga kita selalu sehat dan semangat dalam hal mendidik dan mengajar, terimakasih.

close