Apakah seragam sekolah itu penting ?

Apakah seragam sekolah itu penting ?|seragam itu, seragam sekolah, tidak penting
Apakah Seragam Sekolah itu penting ?
apakah-seragam-sekolah-itu-penting?
Keselarasan seragam sebenarnya penting atau tidak ?
Akhir-akhir ini banyak sekali di group facebook yang membahas tentang seragam sekolah. Ada yang berpendapat bahwa seragam sekolah itu penting dan juga ada yang berpendapat bahwa seragam seklah itu dijadikan alat investasi bagi sekolah sehingga menganggap itu tidak penting. Sepertinya hal tersebut, menjadi topik pembahasan yang menarik tentang 'Apakah seragam sekolah itu penting?" dan pada akhir artikel mimin akan berpendapat juga dari kesimpulan yang akan dibahas. Yuk, mari kita bahas man-teman....

terdapat beberapa cuitan dari platform group facebook mengenai seragam, salah satunya seperi ini :
Seragam itu tidak penting 
"Seragam itu tidak penting. Itu yang harus ditanamkan kuat-kuat kepada setiap orang, setiap guru dan setiap siswa. Hal yang harus dipahamkan pada semua orang bahwa belajar itu bisa terjadi tanpa seragam. Berpikir dan berkarya lebih bisa dilakukan dengan tidak berseragam. Orang-orang yang berpikir seragam itu penting bagi siswa berusaha mencari cara agar setiap siswa membayar. Bagi mereka seragam itu berarti uang. Bahkan rela melakukan pungli demi seragam yanng mereka anggap penting itu. Mereka memaksa orang tua untuk membayar, karena itu penting bagi mereka. Mereka mencari uang dari situ. Kalau benar seragam itu penting bagi proses belajar, maka seragam itu harus dibelikan dan diberikan kepada siswa secara gratis". 
Nah dari cuitan tulisan di atas tentu mendapati banyak respon dan komentar, disini saya akan meringkas beberapa komentar, diantaranya :

1.Para pemain sepak bola itu dibelikan seragamnya oleh klub. Bahkan mereka dibayar untuk pakai seragam. Jadi sekolah, pemerintah harusnya membayar kepada orang tua dan siswa jika menganggap seragam itu penting. 

2. Nitip disini Seragam itu Penting Bukan karena dibayar oleh orangtua. Bukan karena dibayar oleh pemerintah. Bukan karena dibayar oleh sekolah. Seragam menjadi penting atau tidak penting. Diadakan nya seragam diperlukan untuk identitas. Identitas yang melekat pada Pelajar melalui seragam akan menjadi tanda pengenal yang bisa langsung dilihat dalam lingkungan sekolah. Identitas ini menjadi khusus ada celana dan baju sudah melalui proses yang teruji dari tahun ke tahun. 

3. Untungnya didukung secara langsung oleh PTN PTS yang notabene tak ada seragam layaknya seragam SD SMP dan SMA. melalui jas jas yang mereka pakai. Yang kuning, merah, hijau, dan ditambah simbol pada jas nya. Identitas ini menjadi layak diadakan sehingga derajatnya menjadi penting. Apakah dan siapa yang membiayai itu soal no tujuh. Jadi seragam itu penting. Bahkan mendesak untuk diadakan. 

4. Seragam itu penting untuk kesetaraan dan solidaritas. Jika masalahnya adalah orangtua mengeluarkan dana, maka solusinya adalah, seragam menjadi tanggung jawab Negara. Bukan seragamnya yg dihentikan sehingga peserta didik pakai baju bebas.

Kesimpulan dari saya mengenai seragam itu penting atau tidak penting bahwa seragam itu sangat penting sebagai identitas setiap siswa. Seragam sekolah sudah ada aturannya dan peraturan pemerintah ada dasar hukumnya. Kalo masalahnya tentang biaya, apabila orangtua terkendala dengan biaya karena kurang mampu beli seragam bisa memakai dana BOS, jangan dibuat susah. Selain itu, kita Indonesia sebagai negara yang tinggal di negara asia, budaya kita memang pakai seragam seperti di jepang, china, malaysia, singapura dan lain sebagainya berbeda dengan budaya barat yang bebas tidak pakai seragam sehingga memang terdapat perbedaan dari segi kebudayaan. 
close