Pengalaman ANBK di tahun 2021(Baru)

Pengalaman ANBK di tahun 2021(Baru)|ANBK 2021, pengalaman ANBK, Persiapan ANBK
 Pengalaman Baru ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) Tahun 2021

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau disingkat dengan ANBK merupakan terobosan baru dari kementerian pendidikan budaya dan riset teknologi(KEMENRISTEK) yang di desain oleh PUSMENJAR (Pusat Asesmen dan Pembelajaran) dan sudah direalisasikan pada awal tahun ini yaitu tahun 2021. Disini saya akan membagikan pengalaman pribadi saya sebagai pelaksanaan sekaligus peserta dari Asesmen Nasional. Kita ketahui bersama bahwa Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK berbeda dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK. 

Adapun Perbedaan jelasnya teman-teman bisa mengunjungi disini : 

Saya ditugaskan sebagai proktor ANBK untuk tingkat SMA yang ditemani oleh bagian teknisi sekolah. Sebelum pelaksanaan ANBK 2021 dilaksanakan, kita harus mempersiapkan berbagai banyak hal seperti spesifikasi komputer yang mumpuni untuk ANBK, komputer server, komputer utama, komputer cadangan, persiapan memasukkan data(Operator), memilih gelombang pelaksanaan, memilih sesi, dan lain sebagainya. Sebagai proktor yang berpengalaman di UNBK dulu pasti tidak terlalu bingung untuk tahapan-tahapan mempersiapkannya, karena memang persiapan UNBK dengan ANBK tidak terlalu berbeda jauh. Mungkin, perbedaannya hanya pada jumlah siswanya, kalo di UNBK seluruh peserta kelas 12 sedangkan di ANBK hanya sebagian kelas 11 untuk tingkat SMA, kelas 5 tingkat SD , dan kelas 8 tingkat SMP. 

Pelakasanaan ANBK 2021 untuk tingkat SMA dibagi menjadi 2 gelombang, yaitu : gelombang pertama di tanggal 27-28 September 2021 sedangkan gelombang kedua di tanggal 29-30 September 2021. Hasil kesepakatan antara proktor dan sekolah kami untuk tingkat SMA, sekolah kami memilih gelombang di gelombang pertama yaitu tanggal 27-28 September 2021. Oh iya, sebelum pelaksanaan ANBK yang sebenarnya, kita akan mengikuti program simulasi dan gladi bersihnya. Sekolah kami, hanya mengikuti program gladi bersih ANBK 2021 yang dimana pelaksanaan saat itu untuk melatih siswa dalam persiapan ANBK juga sebagai sarana informasi peserta didik dan orangtua siswa yang bersangkutan mengenai kegiatan ANBK sehingga peserta didik dan orangtua siswa mengetahui kegiatan tersebut. 
Pelaksanaan-anbk-2021
anbk-2021-smas-mutiara-17-agustus
Kita ketahui bersama bahwa, pelaksanaan ANBK di tahun 2021 untuk gelombang 1 maupun gelombang 2 dari tingkat SD sampai SMA sedang dalam kejadian Covid-19, sehingga kami sebagai proktor dan teknisi mempersiapkan perencanaan dalam pemetaan letak posisi peserta didik. Informasi yang diedarkan oleh PUSMENJAR bahwa ruangan di dalam pelaksanaan ANBK harus kurang dari atau sama dengan 15 peserta didik, yang artinya tidak boleh lebih dari 15 siswa. Sedangkan, apabila kami hanya mempunyai satu lab komputer dalam pelaksanaan ANBK berarti kami harus mempersiapkan data di website untuk menjadi 3 sesi. Sesi 1 dimulai dari jam 07.30 - 09.30, sesi 2 dimulai dari jam 10.30 - 12.30, dan sesi 3 dimulai dari jam 14.00 - 16.00. Alhamdulilah, kami kebagian sampai sesi 3 haha..:) artinya dana proktor dan teknisi akan berbeda dengan sampai sesi 1 maupun sesi 2 :). Namun, tetap saja itu sangat melelahkan sekali selama 2 tahun ini saya bekerja hanya sampai siang hari karena pandemi covid-19, dan untuk pertama kalinya sekarang saya mulai bekerja dari pagi sampai sore hari lagi hehe...

Saat pelaksanaan ANBK berlangsung, didalam ruangan hanya diperbolehkan satu teknisi, satu proktor, satu pengawas, dan 15 peserta didik sehingga totalnya kurang lebih ada 18 orang. didalam ruangan juga dipersiapkan handsanitizer dan tisu serta sebelum masuk ruangan, peserta didik di tes suhunya. Siswa juga wajib memakai masker dan dalam keadaan sehat (tidak demam, tidak flu, tidak batuk) apabila ingin batuk juga harus sopan. Setiap komputer siswa dengan komputer siswa lainnya harus mempunyai jarak minimal satu meter dan tidak saling berhadapan sehingga kegiatan ini bisa dikatakan kegiatan yang mematuhi protokol kesehatan selama pandemi covid-19. 

Alhamdulillah, pelaksanaan ANBK di sekolah kami berjalan lancar. Tim Pusat ANBK juga tidak lama dalam memunculkan token ke kami, sehingga kami bisa tepat waktu menyelesaikan sesuai jadwal yang tertera sampai di sesi 3. Setelah ANBK selesai, Sayapun dengan lancar mengupload hasil laporan kehadiran dan berita acara selama 2 hari pelaksanaan ANBK ke website ANBK sebagai bukti bahwa sekolah kami ikut berperan dalam kegiatan ini. Setelah pelaksanaan ANBK yang berjalan lancar, sekarang kita tinggal menunggu hasil dan feedback untuk siswa, guru, maupun sekolah dari pelaksanaan program pemerintah ini karena jujur saja saya pribadi masih bingung feedback apa yang akan kita dapati bersama.. ya meskipun saya pernah baca-baca sekilas dari group facebook yang beredar bahwa akan mempengaruhi akreditasi sekolah tapi kita tunggu saja.

Yap itu saja pengalaman sekilas dari kegiatan ANBK di tahun 2021, semoga sebagai bahan bacaan yang bermanfaat untuk teman-teman semuanya..
close