Apa itu Berpikir Kritis dan istilah lainnya

Apa itu Berpikir Kritis dan istilah lainnya|definisi berpikir kritis, istilah berpikir kritis, apa itu kritis
Apa itu berpikir kritis? 

apa-itu-berpikir-kritis-dan-istilah-lainnya
anak-anak-berpikir-kritis-mengambil-keputusan

Istilah berpikir kritis sudah menjadi kosakata sehari-hari. Kita sangat familiar dengan istilah ini sampai-sampai kebanyakan orang memahami istilah ini secara subjektif. Biasanya, istilah berpikir kritis dikaitkan dengan kemampuan ‘menganalisis’, ‘membangun konsep’, ‘.... dalam memecahkan masalah’, dan lain-lain. Semua istilah yang terkait ‘berpikir’ tersebut BUKAN berpikir kritis, TAPI proses berpikir yang berkaitan dengan berpikir kritis. Kita akan menggunakan definisi berpikir kritis yang dirumuskan oleh Brooke Noel Moore dan Richard Parker (ilmuwan psikologi, peneliti berpikir kritis). Moore dan Parker mendefinisikan berpikir kritis sebagai berikut: 

as the careful, deliberate determination of whether one should accept, reject, or suspend judgment about a claim and the degree of confidence with which one accepts or rejects it.” 

Maksudnya adalah Keputusan seseorang yang penuh sadar dan hati-hati untuk menerima, menolak, atau menangguhkan penilaian terhadap suatu klaim DAN derajat keyakinannya dalam ia menerima atau menolak klaim tersebut

Bagaimana cara memahami berpikir kritis? 
Apa itu berpikir kritis? 
1. Menilai suatu klaim 
2. Keyakinan kita terhadap penilaian tersebut 

Apa hasilnya? 
1. Penilaian terhadap suatu klaim: saya terima, saya tolak, saya tangguhkan 
2. Keyakinan kita terhadap penilaian tersebut: saya ragu - saya yakin. 

Apa stimulus berpikir kritis? 
Klaim dari luar. Bisa pernyataan argumen dari orang lain, informasi dari berita, persuasi iklan, lirik lagu, jalan cerita suatu film, apapun. 

Apa yang khas tentang berpikir kritis 
Ketika menilai suatu klaim, proses berpikir kita harus cermat (deliberate) dan berhati-hati (careful) 

Apakah semua orang bisa berpikir kritis? 
Ya. Semua orang bisa berpikir kritis karena adalah salah satu bentuk higher order thinking yang alamiah (secara genetik diwariskan dari generasi ke generasi). Namun demikian, tidak semua orang rajin berpikir kritis. Analoginya, semua manusia memiliki otot, tapi tidak semua manusia 'berotot'. 

Istilah kunci dalam definisi berpikir kritis Karena ada beberapa istilah yang tumpang tindih ketika diterjemahkan, ada baiknya kita rinci setiap kata kata. Ini akan memudahkan anda menghayati definisi berpikir kritis.
❏ Determination = keputusan 
❏ Deliberate = sengaja, sadar, cermat 
❏ Careful = berhati-hati 
❏ Accept = menerima 
❏ Reject = menolak 
❏ Suspend = menangguhkan 
❏ Judgment = penilaian 
❏ Claim = klaim, pernyataan. 
❏ Confidence = keyakinan diri, keyakinan

close