Tiga Ideologi yang berkembang saat ini

Tiga Ideologi yang berkembang saat ini|ideologi komunisme-sosialisme, ideologi yang berkembang, ideologi islam
ideologi-yang-berkembang-saat-ini
ideologi-yang-berkembang-saat-ini
Tiga Ideologi yang berkembang saat ini
Ada tiga ideologi yang berkembang di dunia ini yakni : Islam, Komunisme – Sosialisme, Kapitalisme – Liberalisme. Ketiganya mencerminkan pertarungan antara kebenaran(al-haqq) dan kebatilan(al-bathil). Ketiganya tegak di atas asas atau akidah yang bertentangan satu sama lain. Islam tegak di atas asas akidah islam. 

Akidah islam tegak di atas keimanan tentang keberadaan Allah SWT dan keesaan-Nya. Dialah Al-Khaliq Yang Azali. Akidah Islam menuntut pemeluknya untuk mengesakan Allah SWT sedabagi satu – satunya Zat Yang wajib disembah dan diibadahi. 

Kapitalisme-Liberalisme tegak di atas asas akidah sekularisme(pemisahan agama dari kehidupan). Sekularisme mengakui keberadaan Tuhan (agama), namun menolak peran Tuhan (agama) dalam mengatur kehidupan. Dengan kata lain, agama diakui sebatas sebagai sebuah keyakinan, ritualitas dan moralitas belaka. Pandangan demikian juga berlaku untuk Islam. Dalam arti, oleh kaum sekular, Islam pun diperlakukan sama dengan agama – agama lain; sebatas sebagai sebuah keyakinan, ritualitas dan moralitas belaka; bukan sebagai sebuah ideologi yang memiliki seperangkat aturan kehidupan.

Adapun Komunisme – Sosialisme tegak di atas asas materialisme(ateisme). Dalam praktiknya, komunisme bukan hanya tidak mengakui keberadaan Tuhan (agama), tetapi bahkan anti Tuhan (anti agama). Dalam pandangan orang – orang komunis, agama adalah “candu” atau “minuman keras” spiritual yang tidak layak mempengaruhi dan memperdaya manusia. Jelas, pandangan materalisme ini menyalahi fitrah dan akal manusia. 

Sungguh aneh Ateisme bisa ada dalam benak orang – orang yang berakal. Padahal binatang, tumbuhan dan segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi pun hakikatnya “bertuhan”.
close