Tingkatan Resiliensi berdasar kerangka SAMR

Tingkatan Resiliensi berdasar kerangka SMAR|tingatan SMAR, apa itu resiliensi, kerangka SAMR
Resilience atau resiliensi artinya Tangguh dan Teknologi. Resiliensi adalah kemampuan seseorang untuk bangkit kembali ketika mengalami desakan mundur atau bahkan kegagalan. 
Resiliensi merupakan Learning journey dari titik kemahiran awal sampai titik kemahiran sampai mana seseorang memanfaatkan teknologinya. 

Tingkatan-resiliensi-berdasar-kerangka-SMAR

Kerangka SAMR adalah sebuah kerangka tingkat kematangan. Seorang guru memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran. SAMR menjadi 4 tingkat yaitu substitusi, augmentasi, modifikasi dan redefinisi.

Substitusi
Tingkat substitusi merupakan tingkat refleksi dari komponen kegiatan belajar dan sasaran belajar. Gambaran tingkat substitusi masih sama menggunakan teknologi yang sama.

Augmentasi
Tingkat augmentasi  yang dilakukan oleh guru saat kegiatan belajar yang dipraktekkan guru dalam kelasnya sudah mulai berubah. mungkin beberapa guru sudah mengenal fitur-fitur suatu aplikasi tersebut. Sasaran belajar sudah mulai berubah sedikit. 

Modifikasi
Tingkat modifikasi : guru yang mempraktekkan di modifikasi kegiatan belajarnya sudah berubah signifikan. sasaran belajar juga sudah mulai berubah, guru sudah punya pemikiran bahwa penggunaan teknologi akan mempengaruhi berpikir siswa menjadi meningkat. Sekolah yang sudah teknologinya di tingkat modifikasi biasanya gurunya juga sudah saling membentuk kelompok sehingga jarang sekali yang terdapat guru dengan berdiri sendiri.

Redefinisi
tingkat redefinisi: kegiatan belajar di redifinisi sudah mulai berubah total, tingkat ini sudah mendekati transformasional. kegiatannya sudah berubah dan sasaran belajarnya sudah berubah. Redifinisi sudah berkaitan dengan visi misi sekolah yang berkaitan erat dengan teknologi. peningkatan SAMR ditandai oleh : skenario KBM semakin kaya dan teknologi makin canggih.
close