Saya Sibuk Tapi Tidak Produktif

Saya Sibuk Tapi Tidak Produktif|cara produktif, Sibuk tidak memiliki prioritas, orang yang produktif
LHO, SAYA SIBUK TAPI KOK TIDAK PRODUKTIF YA 
By : Pak Cycas

saya-sibuk-tapi-tidak-produktif
sibuk-tapi-tidak-produktif-cara-agar-lebih-produktif
Suatu hari, saya mengerjakan aktivitas seperti biasanya. Pagi ke kantor, bekerja, meeting-meeting-meeting, pulang. Anehnya, sampai di rumah kok pekerjaan yang ada di to-do-list saya masih 60% belum selesai ya? Padahal, hari itu bisa dibilang saya "ora leren" sama sekali alias tidak bermalas-malasan lho. Ada yang aneh. Usut punya usut, ternyata pekerjaan hari itu banyak yang tersita karena ada to-do lain yang mendadak datang, dan ada beberapa meeting yang molor. Jumlah meeting juga terlalu banyak, ada 4 meeting hari itu. Masing-masing 1-2 jam. 
Pernahkah Anda mengalami hal yang sama? Sibuk kerja tapi hasilnya kok gak ada ? Wah, gimana tuh. Kejadian di atas berarti kesibukan saya tidak produktif. Sibuk memang berbeda dengan produktif. Apa bedanya? Sibuk hanya fokus kerja tanpa tujuan yang jelas, sedangkan produktif memiliki tujuan jelas. Sibuk tidak memiliki prioritas, sedangkan produktif memiliki prioritas dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugasnya. Ingat, orang yang produktif akan fokus pada hasil. Jadi, orang yang produktif menghasilkan sesuatu sesuai tujuan yang mereka harapkan. 

Lalu bagaimana cara agar lebih produktif ? Dilansir dari forbes, berikut 5 cara agar lebih produktif. 
1. Fokus pada satu hal Fokus mengerjakan satu tugas yang kita prioritaskan. Kerjakan sampai selesai barulah ganti pekerjaan yang lain. 
2. Punya target Buat target setiap hari mengenai apa yang akan dikerjakan. Mengapa ? Agar kita tahu apa saja tugas kita di hari itu. 
3. Pikirkan lebih kecil Jangan memikirkan banyaknya tugas tapi buatlah jadi bagian-bagian kecil kemudian selesaikan. Lakukan bertahap hingga tugas selesai. 
4. Hindari gangguan Fokus dengan pekerjaan yang akan diselesaikan. Kurangi gangguan seperti gadget atau suara yang berisik. Fokus dan fokus. 
Saya perlahan mencoba menerapkannya, sekarang sudah lebih baik dalam mengatur waktu. Yak, meski pun terkadang juga masih sering terbentur-bentur juga. Haha... Learning is a process that never stops. Pernahkah Anda sibuk namun tidak produktif? Bagaimana tips supaya produktif menurut Anda?

Komentar :

1. Seringkali penyebabnya adalah auto-100%-focus on what is coming louder, Pak. Begitu baca email, karena dianggap kerjaan mudah, dikerjakan duluan. Ndak terasa habis 1 jam untuk menyelesaikan request ini. Alhasil, kerjaan utamanya tertunda. Tau-tau udah mepet deadline. 

2. Di penghujung hari, masalah ini berhasil diidentifikasi namun besoknya diulang lagi. Perlu strong will untuk mengubah kebiasaan ini. 

3. Saya kira kita perlu melakukan filter dan memilah-milah pekerjaan kita kemudian menyusun skala prioritas. Pada dasarnya ada 2 fokus utamanya yaitu berdasarkan importance dan urgency.

4. Distraksi selalu menjadi kendala utama untuk bisa fokus. Kendala ini makin terasa ketika kita sedang WFH sedangkan ketika WFO, hal ini dapat diminimalisir. Kerja sama yang baik dengan pasangan biasanya membantu mengurangi distraksi yang muncul ketika WFH. We can't blame our kid for being a kid. What we can do is to giving them a correct understanding with best approach jadi inisiatif untuk tidak mengganggu Ayah ketika sedang bekerja datang dari kesadaran pribadi, bukan karena takut dimarahi. 

5. Terima kasih, Pak Cycas. Saya kira ini adalah masalah banyak orang. Banyak yang mengalami namun tidak banyak yang merespon dan menindaklanjuti dengan strong will + concrete efforts to change. Jadi siapapun yang membaca postingan Bapak hari ini kemudian termotivasi (berharap produktivitasnya meningkat) namun keesokan harinya masih bekerja dengan metode yang sama, well.. Anda mungkin perlu khawatir karena menurut Einstein, itu cocok dengan definisi kegilaan (insanity), sadar atau tidak sadar. Tenang.. 😁 Quote terlampir terbukti palsu karena Einstein tidak pernah berkata seperti itu menurut beberapa sumber. Still, from my perspective, hoping for better results by continuing to put forth proven inefficient efforts sounds far-fetched. 

6. banyak yang sibuk meeting tapi gak ada hasilnya banyak yang meeting ngomongnya banyak tapi poin solusi gak ada Banyak hal yang membuat kita tidak sibuk tp tidak produktif dan zero growth.

7. Bgmn klo dibalik Pak ? Saya tidak sibuk, Koq Produktif ya 😊 Itu yg AMAZING, gak kerja tp atasan sll nilai baik 🤭 Mari lihat responnya 😊 

8. Cara saya adalah mengevaluasi "To Do List", Pak. Banyak org membuat To Do List sebanyak mungkin, kayak org yg ga makan seminggu & yakin bisa membereskannya semua dlm 1 hari. Faktanya ga akan pernah bs.
close