Peraturan Pertandingan Pencak Silat

Peraturan Pertandingan Pencak Silat|kategori tanding pencak silat, kategori dewasa pencak silat, berat kategori pencak silat
Peraturan Pertandingan Pencak Silat 
peraturan-pertandingan-pencak-silat
kategori-berat-badan-pencak-silat

Kategori Tanding/Fighting 
Yang dimaksud kategori TANDING adalah : 
kategori pertandingan Pencak Silat yang menampilkan (dua) orang pesilat dari kubu yang berbeda. Keduanya saling berhadapan menggunakan unsur pembelaan dan serangan yaitu menangkis/mengelak/mengena/ menyerang pada sasaran dan menjatuhkan lawan,penggunaan taktik dan teknik bertanding, ketahanan stamina dan semangat juang,menggunakan kaidah dan pola langkah yang memanfaatkan teknik jurus mendapatkan nilai terbanyak. 

Penggolongan Pertandingan dan ketentuan umur dan berat badan 
1. Penggolongan pertandingan menurut umur untuk semua kategori terdiri atas 
a. Pertandingan golongan DEWASA untuk putra dan putri,berumur diatas 17 tahun s/d 35 tahun 
b. Pertandingan golongan REMAJA untuk putra dan putri,berumur diatas 14 tahun s/d 17 tahun. 
2. Kebenaran tentang umur pesilat yang mengikuti pertandingan di buktikan dengan paspor/KTP atau surat keterangan sejenisnya. 
3. Umur Pesilat harus sesuai denagn penggolongan umur peserta (Dewasa/Remaja) dengn berpedoman kepada umur yang bersangkutan pada waktu tanggal/hari dimulainya pertandingan. artinya Pesilat pada tanggal/hari pertama pertandingan dilaksanakan berumur tepat pada batas ketentuan minimal atau maksimal dari golongan yang diikuti.Umur yang menyalahi mengakibatkan ppesilat dikenakan diskwalifikasi dari pertandingan
4..Pembagian kelas menurut berat badan hanya berlaku untuk kategori TANDING yang dilakukan dengan penimbangan badan : Penimbangan pertama dilakukan dilakukan sekurang-kurangnya 6 jam sebelum dimulai pertandingan pertama dimulai pertandingan pertama dalam satu kejuaraan. Pada waktu penimbangan pesilat hanya mengenakan pakaian pencak silat yang kering tanpa pelindung kemaluan dan pelindung sendi. Tidak ada toleransi berat badan dalam setiap pertandingan Bila berat badan pesilat melebihi atau kurang dari ketentuan berat kelas yang diikuti,pesilat yang bersangkutan di beri waktu 1 jam untuk menyesuaikan berat badannya.Penimbangan kedua kalinya harus tetap dalam pakaian kering. Penimbangan badan harus disaksikan anggota Wasit/Juri yang ditugaskan untuk itu. Pesilat yang karena alasan yang sah tidak dapat mengikuti penimbangan pertama tetapi telah di undi dan masuk dalam jadwal pertandingan, tetap dapat mengikuti petandingan bila memenuhi ketentuan dalam penibangan ulang. 
4.2 Penimbangan Ulang : Penimbangan ulang dilakukan + 15 menit sebelum pesilat bersangkutan mengikuti pertandingan sesuai jadwal yang ditentukan Untuk timbang ulang,pesilat putra/putri harus berpakaian pencak silat yang kering tanpa pelindung kemaluan dan pelindung sendi untuk semua kelas Pesilat yang tidak dapat memenuhi ketentuan berat dalam penimbangan ulang menurut kelas yang di ikuti,dikenakan diskwalifikasi Penimbangan ulang harus tetap disaksikan oleh anggota wasi/juri yang ditugaskan untuk itu.

Kategori dan Kelas Pertandingan DEWASA 
Tanding Putra 
Kelas A 45 s/d 50 kg 
Kelas B diatas 50 s/d 55 kg 
Kelas C diatas 55 s./d 60 kg 
Kelas D diatas 60 s/d 65 kg 
Kelas E diatas 65 s/d 70 kg 
Kelas F diatas 70 s/d 75 kg 
Kelas G diatas 75 s/d 80 kg 
Kelas H diatas 80 s/d 85 kg 
Kelas I diatas 85 s/d 90 kg 
Kelas J diatas 90 s/d 95 kg 

Tanding Putri 
Kelas A 45 s/d 50 kg 
Kelas B diatas 50 s/d 55 kg 
Kelas C diatas 55 s./d 60 kg 
Kelas D diatas 60 s/d 65 kg 
Kelas E diatas 65 s/d 70 kg 
Kelas F diatas 70 s/d 75 kg. 

Kategori dan Kelas Pertandingan Remaja 
Tanding Putra/Putri 
Kelas A 39 s/d 42 kg 
Kelas B diatas 42 s/d 45 kg 
Kelas C diatas 45 s./d 48 kg 
Kelas D diatas 48 s/d 51 kg 
Kelas E diatas 51 s/d 54 kg 
Kelas F diatas 54 s/d 57 kg 
Kelas G diatas 57 s/d 60 kg 
Kelas H diatas 60 s/d 63 kg 
Kelas I diatas 63 s/d 67kg 

close