Kelebihan LMS Software Moodle

Kelebihan LMS Software Moodle|kelebihan moodle, kelebihan software moodle, moodle dapat membantu guru
Kelebihan LMS (Learning Management System) Software Moodle

kelebihan-lms-software-moodle
lms-software-moodle-kelebihan-Nya

Salah satu teknologi yang dapat digunakan oleh guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh adalah dengan memanfaatkan learning management system (LMS). LMS merupakan sebuah aplikasi software yang dapat membantu dalam merencanakan, mengimplementasikan, dan menilai sebuah proses pembelajaran. Melalui LMS ini guru tidak hanya dapat memberikan berbagai sumber ajar kepada siswa, tetapi ia juga dapat meminta siswa mengumpulkan (meng-upload) tugas, menilai tugas siswa, memberikan feedback secara langsung, memantau keaktifan siswa, berdiskusi, melakukan video conferences, melakukan evaluasi, bahkan melakukan refleksi pembelajaran. Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang dapat dilakukan melalui LMS ini. Salah satu LMS yang dapat digunakan untuk pembelajaran adalah Moodle.

MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. Dilangsir dari https://idcloudhost.com/ platform learning ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan platform lain. Kelebihan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Moodle cocok untuk diterapkan dalam kelas online. Selama kelas online bisa memberikan pembelajaran di perangkat moodle yang dapat diakses oleh siapa saja. Bahkan Platform ini dapat diakses lebih dari 1000 materi pembelajaran, sehingga kelas online lebih efesien dan fleksibel. 
2. Keamanan moodle telah terjamin, Hal ini karena moodle dilengkapi fitur keamanan yang dapat melindungi data pribadi pengguna. Bahkan saat siswa mengisi formulir pendaftaran, data diperiksa hingga valid karena moodle telah dilengkapi oleh aplikasi.. 
3. Moodle menyediakan aneka macam bahasa bagi penggunanya. Setiap pengguna dapat memakai bahasa yang diinginkan. Ada 45 bahasa yang kini tersedia di moodle, pilihlah bahasa sesuai kebutuhan pembelajaran. 
4. Moodle bersifat open source software, alias gratis dan mudah diakses oleh siapa saja.
5.Moodle memiliki manajemen pengguna, biasa disebut manajamen kursus, pengubahan kursus, pengurangan, dan penambahan jenis kursus. 
6. Menyediakan modul chat bot, modul jurnal, modul kuis, modul survei, workshop, polling serta masih banyak lagi modul lainnya. 
7. Perangkat sederhana, kompatibel, ringan dan efesien.

Sayangnya, kelebihan-kelebihan tersebut belum dapat dirasakan oleh seluruh guru maupun siswa Indonesia. Hal itu dikarenakan masih minimnya pengetahuan guru maupun sekolah berkaitan dengan penggunaan LMS ini. Selain itu, untuk membuat LMS seperti ini, kita harus mengeluarkan dana untuk pembelian alamat website dan juga menyewa tempat penyimpanan data (hosting) sehingga masih banyak guru maupun pihak sekolah yang belum mampu menyediakan program pembelajaran jarak jauh menggunakan LMS. Padahal, pembelajaran jarak jauh berbasis LMS seperti Moodle ini dapat meningkatkan capaian kegiatan pembelajaran terutama dalam situasi pandemi seperti saat ini. Hal tersebut telah dibuktikan oleh beberapa peneliti yang ada di Indonesia maupun dunia seperti penelitian yang dilaksanakan oleh Kurniawati (2014) diperoleh data bahwa perencanaan pembelajaran dengan model blended learning layak digunakan sebagai pedoman pelaksanaan belajar, dapat diimplementasikan sesuai perencanaan mencakup orientasi, organisasi, investigasi, presentasi, analisis, dan evaluasi dan dinyatakan terbukti efektif dengan hasil 83,5 %. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan adanya sosialisai, pelatihan, maupun workshop berkaitan dengan pemanfaatan teknologi pembelajaran agar guru tidak merasa ragu, asing, atau bahkan takut dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi yang ada
close