10 Soal OSN tentang Bangun Ruang

10 Soal OSN tentang Bangun Ruang|soal-soal OSN, osn matematika bangun ruang, Soal olimpiade bangun ruang
10 Soal OSN tentang Bangun Ruang

10-soal-osn-tentang-bangun-ruang
10-soal-osn-tentang-bangun-ruang

1. Sebuah silinder memiliki tinggi 5 cm dan volume 20 cm3. Luas permukaan bola terbesar yang mungkin diletakkan ke dalam silinder tersebut adalah …

2. Setiap kerangka kubus mempunyai 12 rusuk. Apabila kita menghimpitkan dua kerangka kubus yang berukuran sama dan setiap dua rusuk yang berimpitan dianggap satu rusuk maka didapat sebuah bangun balok yang mempunyai 20 rusuk. 
Dengan aturan seperti di atas maka : 
a. Apabila 8 buah kerangka kubus yang berukuran sama disusun berjajar memanjang membentuk bangun balok, ada berapa rusuk pada bangun balok yang terbentuk? 
b. Apabila 8 buah kerangka kubus yang berukuran sama disusun sehingga membentuk bangun kubus , ada berapa rusuk pada bangun tersebut? 
c. Apabila 125 buah kerangka kubus yang berukuran sama disusun berjajar memanjang, ada berapa rusuk pada bangun balok tersebut? 
d. Apabila 125 buah kerangka kubus yang berukuran sama disusun sehingga membentuk bangun kubus, ada berapa rusuk pada bangun tersebut?

3. Sebuah drum berbentuk tabung yang berjari-jari 70 cm dan berisi air setinggi 40 cm(gunakan π= 22/7 ).Seorang tukang pasang ubin memasukkan 110 buah ubin keramik ke dalam drum sehingga tinggi permukaan air bertambah 8 cm. Jika permukaan setiap ubin keramik berukuran 40 cm x 40 cm, berapakah tebal ubin keramik tersebut? Pembahasan :

4. Kubus ABCD.EFGH dipotong oleh bidang yang melalui diagonal HF, membentuk sudut 30° terhadap diagonal EG dan memotong rusuk AE di P.Jika panjang rusuk kubus adalah 1 satuan, maka panjang ruas AP adalah...

5. Titik-titik P dan Q berturut-turut adalah titik tengah rusuk AE dan CG pada kubus ABCD.EFGH. Jika panjang rusuk kubus adalah 1 satuan, tentukan luas segi-empat DPFQ.

6. Sebuah kubus tanpa tutup dan alas dengan rusuk 1cm. Seekor semut berjalan dari A ke B melalui sisi semua sisi tersebut. Panjang lintasan terpendek semut tersebut adalah…………..

7. Diberikan dua buah bola dengan jari-jari masing-masing 10 cm dan 20 cm!
a) Tentukan perbandingan volume kedua bola 
b) Tentukan perbandingan luias permukaan kedua bola

8. Jika diketahui panjang rusuk kubus ABCD.EFGH adalah 1 satuan, maka jarak titik E ke bidang datar AFH adalah … satuan.

9. Volume sebuah bola adalah 36π cm3. Tentukan luas permukaan bola tersebut!

10. Sebuah drum berbentuk tabung dengan diameter alas 10 cm dan tinggi 100 cm. Bila 1/2 bagian dari drum berisi air, tentukan banyak air di dalam drum tersebut!

PEMBAHASAN 10 SOAL OSN
TENTANG BANGUN RUANG
close