Cara Pakai Aplikasi Wingeom

Cara Pakai Aplikasi Wingeom|penggunaan wingeom, aplikasi wingeom dengan kubus, cara membuat segitiga di wingeom, cara pakai wingeom
Cara Memakai Aplikasi Wingeom

Bangun Ruang Beraturan

Pengaplikasian program Wingeom dalam sub pokok bahasan bangun ruang beraturan dengan cara menggambar bangun ruang beraturan yang dimaksud. Berikut langkah-langkahnya. 
1. Bukalah program Wingeom. 
2. Klik window > 3-dim, sehingga muncul jendela wg.3. 
3. Klik Unit > Polyhedral > Box untuk bangun ruang kubus dan balok, klik Unit > Polyhedral > Prims untuk bangun ruang prisma, klik Unit > Polyhedral > Pyramid untuk bangun ruang limas.

Kubus dan Unsur-unsurnya

Untuk menggambarkan diagonal sisi, bidang diagonal dan diagonal ruang pada kubus, dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut. 
1. Perhatikan gambar kubus yang sudah dibuat. Klik Edit > linear element > central. Akan terbentuk suatu ruas garis pada kubus yang menunjukkan diagonal sisinya. 
2. Untuk menggambar bidang diagonal kubus, klik Linear > Segment or face. Kemudian ketik suatu bidang yang merupakan bidang diagonal kubus. 
3. Sedangkan untuk diagonal ruang kubus, pilih bidang diagonal yang sudah digambar kemudian klik Edit > linear element > central.

Model Kerangka dan Jaring-jaring

Pengaplikasian program Wingeom dalam sub pokok bahasan model kerangka dan jaring-jaring dalam melalui langkah-langkah sebagai berikut. 
1. Buka jendela Wingeom 3D dengan cara klik menu Window lalu pilih 3-dim. 
2. Klik Point > Coordinate (absolute). Untuk menentukan titik koordinat. Ketik titik berikut: A(0,0,0), B(0,1,0), C(1,0,0) dan D(1,1,0). Isikan titik satu per satu lalu klik mark. 
3. Setelah titik koordinat telah ditentukan, hubungkan keempat titik tersebut dengan cara klik Linear > Segment or face. Isikan nama bangunnya contoh: ABDC dsb. 
4. Klik Transf > Rotate, maka akan muncul jendela seperti gambar 4 di bawah ini. Isi vertices, thru angle, dan around axis seperti gambar 4 di atas. 
5. Klik Anim > # slider, akan muncul jendela seperti gambar 5 (atas). Ketik 90 > set L dan ketik 180 > set R. Klik dan seret scrool bar ke kiri dan ke kanan. Lihat perubahan apa yang terjadi. Setelah klik close akan muncul persegi yang kedua seperti gambar 5 (bawah). 
6. Buat rotasi yang sama dengan langkah 4. Sehingga membentuk jaring-jaring kubus seperti gambar 6 di bawah ini. 

membuat-jaring-jaring-kubus-aplikasi-wingeom
membuat-jaring-jaring-kubus-aplikasi-wingeom


7. Sekarang sudah tampak bangun kubus dan jaring-jaringnya dengan menggerakkan scrool bar ke kiri dan ke kanan. Seperti gambar 7 di bawah ini.

Kubus-dan-jaring-jaringnya-wingeom
Kubus-dan-jaring-jaringnya-wingeom

Sedangkan untuk materi Balok, langkah-langkahnya sedikit berbeda dengan Kubus. Langkah-langkah penerapan program Wingeom pada materi Balok adalah sebagai berikut.
1. Buka jendela Wingeom 3D. 
2. Klik Units > Polyhedral > Box. Isikan ukuran panjang, lebar dan tinggi balok. Klik ok. 
3. Maka akan didapat hasil seperti gambar 

hasil-kubus-wingeom
hasil-kubus-wingeom


4. Untuk jaring-jaring balok, klik Transf > Rotate. Sama seperti pada Kubus

Pengaplikasian program Wingeom dalam sub pokok bahasan luas permukaan dan volume

dapat dilakukan dengan cara berikut. 
1. Gambar bangun ruang kubus dan balok seperti pada sub pokok bahasan sebelumnya. 
2. Klik meas, ketik 6*AB*AB tekan enter untuk luas permukaan kubus, ketik (2(AB*BC)+2(AB*BF)+2(BC*BF)) tekan enter untuk luas permukaan balok, ketik AB*AB*AB tekan enter untuk volume kubus dan ketik AB*BC*BF tekan enter untuk volume balok 
3. Klik other > volume. Bandingkan hasil volume yang muncul dengan hasil perhitungan pada menu meas. Klik other > surface area, bandingkan hasil luas permukaan yang muncul dengan hasil perhitungan pada menu meas.

Pengaplikasian program ini untuk pokok bahasan kubus dan balok dengan cara:

1. Buka jendela Wingeom 3D. 
2. Tentukan titik koordinat dengan cara klik Point > Coordinate. Lalu hubungkan titik-titiknya dengan cara klik linear > segment or face. Atau klik Unit > Polyhedral > Box kemudian tentukan panjang sisi-sisinya untuk kubus dan panjang, lebar dan tinggi untuk balok. 
3. Untuk mengambarkan diagonal sisi, bidang diagonal dan diagonal ruang, klik Edit > linear element > central. 
4. Untuk membuat jaring-jaringnya dengan klik transf > rotate. 
5. Untuk menghitung luas permukaan dan volume, klik other > surface area dan klik other > volume.

Cara membuat segitiga

1. Cara membuat titik pada Wingeom klik window, kemudian klik 2-dim, btns, kemudian klik toolbar pilih segment untuk membuat titik pada layar klik kanan pada mouse. 
2. Membuat garis penghubung titik ( segitiga ) klik line – segment – ketik ABCA 
3. Menentukan sudutnya Klik meas , kemudian ketik enter, Begitu pula untuk sudut ACB dan BAC dengan mengetikkan enter dan enter 
hasil-segitiga-aplikasi-wingeom
hasil-segitiga-aplikasi-wingeom
Sekian dan Terimakasih
close