Pengertian Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence)

Pengertian Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence)|kecerdasan majemuk, multiple intelligence, dasar kecerdasan majemuk, prestasi sesorang ditentukan oleh
Pengertian Multiple Intelligence 
(Kecerdasan Majemuk) 
pengertian-kecerdasan-majemuk-multiple-intelligence
pengertian-kecerdasan-majemuk-multiple-intelligence

Multiple Intelligence adalah teori kecerdasan majemuk yang dipaparkan Prof. Howard Gardner. Multiple intelligence atau kecerdasan majemuk pada dasarnya adalah sebuah konsep yang menunjukkan kepada kita bahwa potensi anak-anak kita, khususnya jika dikaitkan dengan kecerdasan,ternyata banyak sekali. Memahami multiple intelligence bukanlah untuk membuat anak-anak kita menjadi hebat. Namun,konsep tersebut, paling tidak dapat membantu kita untuk memahami bahwa anak-anak kita itu menyimpan potensi yang luar biasa. Pengertian dari kecerdasan menurut Howard Gardner adalah suatu kemampuan untuk memecahkan masalah dan menciptakan produk yang mempunyai nilai budaya atau suatu kumpulan kemampuan atau ketrampilan yang dapat ditumbuh kembangkan.
Sedangkan Multiple intelegence (kecerdasan majemuk) adalah kecerdasan yang dimiliki oleh tiap individu lebih dari satu macam. Menurut Howard Gardner setiap individu delapan jenis kecerdasan di dalam dirinya,yang disebut kecerdasan majemuk (multiple intelligence). Prestasi seseorang ditentukan juga oleh tingkat kecerdasannya (Inteligensi). Walaupun mereka memiliki dorongan yang kuat untuk berprestasi dan orang tuanya memberi kesempatan seluas-luasnya untuk meningkatkan prestasinya, tetapi kecerdasan mereka yang terbatas tidak memungkinkannya untuk mencapai keunggulan. 
Tingkat Kecerdasan (Intelegensi) bawaan ditentukan baik oleh bakat bawaan (berdasarkan gen yang diturunkan dari orang tuanya) maupun oleh faktor lingkungan (termasuk semua pengalaman dan pendidikan yang pernah diperoleh seseorang; terutama tahun-tahun pertama dari kehidupan mempunyai dampak kuat terhadap kecerdasan seseorang). 
Secara umum intelegensi dapat dirumuskan sebagai berikut: 
1. Kemampuan untuk berpikir abstrak. 
2. Untuk menangkap hubungan-hubungan dan untuk belajar. 
3. Kemampuan untuk menyesuaikan diri terhadap situasi-situasi baru.

#Kecerdasan Majemuk
close