Pengertian dan Penyebab Terjadinya Banjir

Pengertian dan Penyebab Terjadinya Banjir|kenapa bisa banjir, penyebab banjir, pengertian banjir, banjir karena
Pengertian dan Penyebab Terjadinya Banjir

Pengertian_dan_Penyebab_Terjadinya_Banjir
Pengertian_dan_Penyebab_Terjadinya_Banjir

PENGERTIAN BANJIR 
Banjir adalah peristiwa terjadinya genangan (limpahan) air di areal tertentu sebagai akibat meluapnya air sungai/danau/laut yang menimbulkan kerugian baik materi maupun non-materi terhadap manusia dan lingkungan. Banjir bisa terjadi perlahan-lahan dalam waktu lama atau terjadi mendadak dalam waktu yang singkat yang disebut banjir bandang. Indonesia memiliki lebih dari 5.000 sungai besar dan kecil, 30% dian¬taranya melewati kawasan padat penduduk, yang tentunya mempunyai potensi terhadap terjadinya banjir pada wilayah yang dilaluli oleh pemukiman sungai terserbut 
PENYEBAB TERJADINYA BANJIR 
1. Curah hujan yang tinggi dalam waktu yang lama. 
2. Terjadinya hambatan di muara sungai akibat terjadinya pasang naik yang bersamaan dengan puncaknya volume air yang mengalir di sungai. Perubahan kondisi lahan pada daerah aliran sungai (DAS) baik di hulu, tengah dan hilir akibat adanya penebangan hutan, pengem¬bangan pemukiman, industri dan lain-lain. 
3. Terjadinya penurunan permukaan tanah akibat penyedotan air tanah secara berlebihan terutama di daerah perkotaan
4. kerusakan lingkungan, hal ini ditandai peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi (pemanasan global). Kondisi bumi yang memanas menyebabkan perubahan iklim semakin tidak stabil. 
Dampak perubahan iklim bagi Indonesia dapat dirasakan dengan semakin keringnya musim kemarau dan intensitas air hujan yang semakin tinggi di musim penghujan. Naiknya permukaan air laut disebabkan dataran es di kutub mencair serta merta membuat abrasi pantai semakin cepat. Kedua fenomena alam tersebut membuat terbenamnya daratan yang biasanya kering dan dapat ditinggali oleh manusia atau biasa kita kenal dengan istilah banjir. 
5. sistem pengelolaan lingkungan. 
Pengelolaan lingkungan semakin berpengaruh terhadap kehadiran bencana banjir, seiring dengan kecenderungan semakin meningkatnya wilayah perkotaan. Pertambahan jumlah penduduk, terutama di wilayah perkotaan, berdampak pada peningkatan kebutuhan akan tempat tinggal dan daya dukung perkotaan. Meluasnya wilayah pemukiman memiliki pengaruh langsung terhadap berkurangnya daerah resapan air, karena hampir seluruh permukaan tanah berganti dengan aspal atau beton. Kondisi tersebut diperparah dengan penataan bangunan dan wilayah yang kurang memperhatikan sistem pembungan air. Kekurang ketersediaan pepohonan yang dapat berfungsi sebagai peresapan air merupakan kombinasi yang semakin sempurna untuk mendatangkan bencana banjir. Hampir sebagian besar kota-kota besar di Indonesia belum memiliki sistem drainase yang terpadu. 
6. perilaku manusia. 
Perbedaan mencolok antara desa dengan kota selain dilihat dari tingkat kepadatannya adalah pola hidup. Orang di desa lebih mampu bersahabat dengan alam sekitarnya sedangkan di kota seringkali tidak menghiraukan aspek lingkungan. Buktinya adalah di kota-kota besar, gedung bertingkat dan jalanan beton menggusur tanah- tanah resapan air, bahkan situ atau danau ditimbun kemudian dibangun mall. Keegoisan manusia telah menyebabkan bencana banjir selalu dekat dengan kehidupan kita. 

Bencana banjir yang selama ini terjadi di Indonesia telah membawa kerugian yang sangat besar. Melihat kondisi ini, maka pencegahan banjir adalah hal yang mutlak yang harus dilakukan oleh seluruh warga negara Indonesia guna mencegah dan meminimalkan dampak yang akan terjadi akibat bencana banjir. 
Adapun hal-hal yang harus kita lakukan untuk mencegah bencana banjir adalah sebagai berikut: 
Menghentikan penebangan hutan secara liar tanpa disertai reboisasi, Mencegah terjadinya pendangkalan sungai, Tidak membuang sampah sembarangan termasuk di aliran sungai Membuat saluran air yang memadai Membuat tanggul yang baik
close