Contoh Soal Terbuka dalam Matematika

Contoh Soal Terbuka dalam Matematika|contoh pertanyaan terbuka, soal-soal terbuka matematika, soal matematika terbuka, matematika soal terbuka
Contoh Soal Terbuka dalam Matematika
Contoh_Soal_Terbuka_dalam_Matematika
Contoh_Soal_Terbuka_dalam_Matematika
Contoh Open Ended Question 
Berikut diberikan ilustrasi dua soal untuk membedakan antara soal tertutup dan soal terbuka.
1) Gedung bioskop Plaza 27 mencatat penjualan tiket film pengabdi setan 2 selama tiga hari berturut-turut adalah 457 lembar, 446 lembar, dan 475 lembar. Hitung banyak tiket yang terjual selama tiga hari tersebut. 
2) Susunlah sebuah data yang rata-ratanya lebih dari mediannya dan jangkauannya adalah 7. 
Soal No. 1 merupakan soal rutin dan bukan masalah terbuka karena prosedur yang digunakan untuk menentukan penyelesaiannya sudah tertentu yakni hanya menjumlahkan ketiga bilangan yang terdapat pada soal. Soal ini juga hanya memiliki satu jawaban yang benar. 
Sedangkan soal No 2 merupakan soal terbuka (open-ended problem). Soal ini juga dikategorikan sebagai soal non-rutin. Keterbukaan soal ini meliputi keterbukaan proses, keterbukaan hasil akhir, dan keterbukaan pengembangan lanjutan. Soal ini dikategorikan sebagai soal non-rutin karena tidak memiliki prosedur tertentu untuk menjawabnya.
Contoh soal terbuka yang lain : 
3) Seekor angsa beratnya 10 kg, berapa ekor ayam yang kamu perlukan agar jumlah semua berat badannya sama dengan berat badan angsa itu? 
4) Seekor kerbau beratnya 480 kg, berapa ekor kambing yang kamu perlukan agar jumlah semua berat badannya sama dengan berat badan kerbau itu? 
5) Suatu persegipanjang luasnya 48 cm. Berapa cm kemungkinan panjang dan lebar persegipanjang tersebut? 
6) Sebuah karton berukuran berukuran 24 x 16 cm. Akan dibuat kotak balok tanpa tutup dengan cara memotong pojok dari karton tersebut sehingga potongannya berbentuk persegi. Berapakah volume dari kotak balok tanpa tutup tersebut. 
7) Soal Tes Matematika Kelas Vii Smp 
a) Bilangan bulat terdiri atas bilangan bulat negatif, bilangan nol, dan bilangan bulat positif. Isilah titik-titik pada soal berikut ini dengan bilangan bulat sedemikian hingga hasil penjumlahannya sama dengan 7. 
Bahasan: 
... + ... = 7 ... + ... = 7 ... + ... = 7 ... + ... = 7 ... + ... = 7 ... + ... = 7 ... + ... = 7 ... + ... = 7 
b) Tuliskanlah contoh-contoh operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan, penarikan akar, atau operasi campuran) antara dua atau lebih bilangan bulat sedemikian hingga hasilnya sama dengan 7. 
Bahasan: .................................... = 7 .................................... = 7 
c) Tuliskanlah contoh-contoh operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan, penarikan akar, atau operasi campuran) antara dua atau lebih bilangan bulat sedemikian hingga hasilnya sama dengan suatu bilangan bulat.
close