6 Dimensi dan Elemen Fase PAUD

6 Dimensi dan Elemen Fase PAUD|dimensi paud, elemen fase paud, dimensi kurikulum merdeka paud, elemen dimensi paud
6 Dimensi dan Elemen Fase PAUD
6_Dimensi_dan_Elemen_Fase_PAUD
6_Dimensi_dan_Elemen_Fase_PAUD

DIMENSI : Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
Akhlak beragama 
Fase PAUD 
Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa Mengenali adanya Tuhan melalui sifat-sifat-Nya Pemahaman Agama/ Kepercayaan Mengenali simbol-simbol dan ekspresi keagamaan yang konkrit Pelaksanaan Ritual Ibadah Mulai mencontoh kebiasaan pelaksanaan ibadah sesuai agama/kepercayaannya 

Akhlak Pribadi 
Fase PAUD 
Integritas Mulai membiasakan bersikap jujur dan berani menyampaikan kebenaran atau fakta Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual Membiasakan diri untuk membersihkan, merawat tubuh serta menjaga kesehatan dan keselamatan/keamanan diri dalam semua aktivitas kesehariannya 

Akhlak kepada manusia 
Fase PAUD 
Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan Mengenali hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan temannya dalam berbagai hal. Membiasakan mendengarkan pendapat temannya, baik itu sama ataupun berbeda dengan pendapat yang dimilikinya dan mengekspresikannya secara wajar. Berempati kepada orang lain Mengenali emosi, minat, dan kebutuhan orang-orang terdekat dan membiasakan meresponnya secara positif. 

Akhlak kepada alam 
Fase PAUD 
Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi Mengenal berbagai ciptaan Tuhan Menjaga Lingkungan Alam Sekitar Membiasakan bersyukur atas karunia lingkungan alam sekitar dengan menjaga kebersihan dan merawat lingkungan alam sekitarnya. 

Akhlak bernegara 
Fase PAUD 
Melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia Mengenali hak dan tanggungjawabnya di rumah dan sekolah, serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan YME.

DIMENSI : Berkebhinekaan Global

Mengenal dan menghargai budaya
Fase PAUD 
Mendalami budaya dan identitas budaya Mengenali identitas diri dan kebiasaan-kebiasaan budaya dalam keluarga Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya Mengenali identitas orang lain dan kebiasaan-kebiasaannya Menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya Membiasakan untuk menyayangi dan menghormati budaya-budaya yang berbeda dari dirinya. 

Komunikasi dan interaksi antar budaya
Fase PAUD 
Berkomunikasi antar budaya Menggunakan berbagai macam cara yang bermakna untuk mengungkapkan perasaan dan pikiran. Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif Menjalin interaksi sosial yang positif dalam lingkungan keluarga dan sekolah.

Refleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan 
Fase PAUD 
Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan Menunjukkan kesadaran untuk menerima teman yang berbeda budaya dengan bermain bersama. Menghilangkan stereotip dan prasangka Mengenali orang-orang di sekitarnya berdasarkan ciri-ciri atau atribut tertentu Menyelaraskan perbedaan budaya Mengetahui adanya budaya-budaya yang berbeda di lingkungan sekitar.

Berkeadilan Sosial 
Fase PAUD 
Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan Menjalin pertemanan tanpa memandang perbedaan diri dan temannya Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama Mulai berpartisipasi menentukan beberapa pilihan untuk keperluan bersama dalam lingkungan kecil Memahami peran individu dalam demokrasi Mulai mengenali keberadaan dan perannya dalam lingkungan keluarga dan sekolah.

Selanjutnya Dimensi Bergotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif 
KLIK DISINI
close