Cara Menumbuhkan Sikap dan Pentignya Tanggung Jawab

Cara Menumbuhkan Sikap dan Pentignya Tanggung Jawab|sikap tanggung jawab, cara sikap tanggung jawab, pentingnya tanggung jawab, menumbuhkan tanggung jawab
Cara Menumbuhkan Sikap dan 
Pentignya Tanggung Jawab

cara-menumbuhkan-sikap-dan-pentignya-tanggung-jawab
cara-menumbuhkan-sikap-dan-pentignya-tanggung-jawab

PENTINGNYA TANGGUNG JAWAB DAN DISIPLIN
    Sikap menentukan bagaimana perilaku seorang individu berinteraksi dengan orang lain. Jika kita mempunyaiiru sikap yang baik, maka interaksi kita dengan masyarakat bisa lancar dan mendapat respon yang baik pula. Maka dari itu sikap sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Bertanggung jawab dan disiplin adalah dua sikap penting yang harus ada dalam diri seseorang. Tanpa kedua sikap ini, proses pembentukan menjadi seorang yang intelijen bisa terhambat. Sikap ini sangat penting dan diperlukan khususnya dalam kegiatan sehari-hari seperti kuliah, megerjakan tugas, melakukan kegiatan kelompok dan lain-lain. Sikap tanggung jawab dalam diri sudah seharusnya ada. Tanggung jawab dalam mengerjakan tugas, baik itu kelompok atau individu, tanggung jawab dalam menyelesaikan skripsi, tanggung jawab dalam menyelesaikan perkuliahan, dan masih banyak lagi. Untuk itu dituntut dan memang sudah sepatutnya mempuyai sikap tanggung jawab dalam diri sendiri. Tanggung jawab bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila ia tidak mau bertanggung jawab, maka ada pihak lain yang memaksa tanggung jawab itu. 
    Selain sikap bertanggung jawab, ada satu sikap lagi yang memang harus dimiliki oleh seorang yaitu sikap disiplin. Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya. Sikap disiplin sangat mempengaruhi setiap kegiatan. Jika mempunyai sikap disiplin yang dari kesadaran sendiri, kegiatan akan berjalan lancar dan prestasi meningkat. Oleh karena itu perlu kesadaran diri yang tinggi bagi seseorang untuk punya sikap bertanggung jawab dan disiplin demi kelancaran kehidupan sebagai seorang makhluk sosial. Tanpa adanya kesadaran dari diri sendiri, kedua sikap tersebut muncul karena adanya paksaan dari pihak luar seperti masyarakat, keluarga, teman, bahkan orangtua. Sikap yang timbul karena paksaan akan berbeda dengan sikap yang timbul karena kesadaran diri sendiri. Sikap tanggung jawab dan disiplin yang timbul karena kesadaran diri sendiri akan terasa lebih ringan untuk dilakukan dan diterapkan sehari-hari dibanding dengan sikap yang timbul karena paksaan dari pihak luar. Oleh karena itu alangkah baiknya bagi kita semuauntuk mulai menyadarkan diri akan pentingnya sikap disiplin dan bertanggung jawab demi kebaikan pribadi dan orang banyak.
Berikut CARA MENUMBUHKAN SIKAP BERTANGGUNG JAWAB 
1. Ajarkan anak atau peserta didik bertanggung jawab atas barang yang dimilikinya. 
2. Belajar mengenal dan menghargai waktu. 
3. Mendidik bagaimana cara membagi waktu. 
4. Memberikan kesempatan pada anak atau peserta didik atas pilihannya sendiri.
5. Untuk anak-anak ajari tentang menabung. 
6. Mengenalkan pada anak atau peserta didik mana yang baik dan buruk. 
7. Memberikan pujian atas kemandirian dan rasa tanggung jawabnya.
close