Lanjutan 6 Dimensi dan Elemen Fase Paud (II)

Lanjutan 6 Dimensi dan Elemen Fase Paud (II)|dimensi fase paud, fase paud dimensi, fase gotong royong, contoh dimensi kreatif
Lanjutan 6 Dimensi dan Elemen Fase Paud (II)


Lanjutan_6_Dimensi_dan_Elemen_Fase_Paud


Dimensi : Bergotong-Royong
Kolaborasi
Fase PAUD 
Kerja sama Terbiasa bekerja bersama dalam melakukah kegiatan dengan kelompok (melibatkan dua atau lebih orang). Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama Menyimak informasi sederhana dan mengungkapkannya dalam bahasa lisan Saling-ketergantungan positif Mengenali dan menyampaikan kebutuhan-kebutuhan diri sendiri dan orang lain Koordinasi Sosial Melaksanakan aktivitas bermain sesuai dengan kesepakatan bersama dan saling mengingatkan adanya kesepakatan tersebut. 

Kepedulian
Fase PAUD 
Tanggap terhadap lingkungan Sosial Mulai mengenali dan mengapresiasi orang-orang di rumah dan sekolah, untuk merespon kebutuhan di rumah dan sekolah. Persepsi sosial Mengenali berbagai reaksi orang lain di lingkungan sekitar. 

Berbagi 
Fase PAUD 
Mulai membiasakan untuk berbagi kepada orangorang di sekitar. 

Dimensi : Mandiri 
Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi 
Fase PAUD 
Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi Mengenali kemampuan dan minat/kesukaan diri serta menerima keberadaaan dan keunikan diri sendiri Mengembangkan refleksi diri Menceritakan pengalaman belajarnya di rumah maupun di sekolah. 

Regulasi Diri
Fase PAUD 
Regulasi emosi Mengenali emosi-emosi yang dirasakan dan situasi yang menyebabkan-nya, serta mulai belajar mengeskpresikan emosi secara wajar Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya Menceritakan aktivitas yang akan dilakukan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri Mencoba mengerjakan berbagai tugas sederhana dengan pengawasan dan dukungan orang dewasa Mengembangkan pengendalian dan disiplin diri Mengatur diri agar dapat menyelesaikan kegiatannya hingga tuntas. Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif Berani mencoba, adaptif dalam situasi baru, dan mencoba untuk tidak mudah menyerah saat mendapatkan tantangan. 

Dimensi : Bernalar Kritis
Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan 
Fase PAUD 
Mengajukan pertanyaan Bertanya untuk memenuhi rasa ingin tahu terhadap diri dan lingkungannya. Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan Mengidentifikasi dan mengolah informasi dan gagasan sederhana. 

Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya 
Fase PAUD 
Menyebutkan alasan dari pilihan atau keputusannya.

Refleksi pemikiran dan proses berpikir 
Fase PAUD 
Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri Menyampaikan apa yang dipikirkan dengan singkat.

Dimensi : Kreatif 
Menghasilkan gagasan yang orisinal
Fase PAUD 
Menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan sederhana dan imajinatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya. 

Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal 
Fase PAUD 
Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan sederhana serta mengapresiasi karya dan tindakan yang dihasilkan.

Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan 
Fase PAUD 
Menentukan pilihan dari beberapa alternatif yang diberikan
close