Materi Tentang Harga Beli, Jual, Untung, dan Rugi

Harga Pembelian, Harga Penjualan, Untung dan Rugi 
Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita menjumpai atau melakukan kegiatan jual beli atau perdagangan. Dalam perdagangan terdapat penjual dan pembeli. Jika kita ingin memperoleh barang yang kita inginkan maka kita harus melakukan pertukaran untuk mendapatkannya. Misalnya penjual menyerahkan barang kepada pembeli sebagai gantinya pembeli menyerahkan uang sebagai penganti barang kepada penjual. Seorang pedagang membeli barang dari pabrik untuk dijual lagi dipasar. Harga barang dari pabrik disebut modal atau harga pembelian sedangkan harga dari hasil penjualan barang disebut harga penjualan. Dalam perdagangan sering terjadi dua kemungkinan yaitu pedagang mendapat untung dan rugi.

Harga Pembelian atau Harga Beli
Harga Pembelian (B) atau Harga Beli adalah harga yang disepakati untuk membeli suatu barang, yakni sejumlah uang yang dikeluarkan untuk membeli atau memperoleh suatu barang. Atau bisa juga harga barang dagangan langsung dari pabrik, grosir, atau tempat lainnya. 
Rumus untuk menentukan Harga Pembelian adalah sebagai berikut:
rumus_harga_beli
rumus_harga_beli


Harga Penjualan atau Harga Jual
Harga penjualan (P) atau Harga Jual adalah harga yang ditetapkan pedagang kepada pembeli/konsumen.
rumus_harga_jual
rumus_harga_jual

Untung dan Rugi
Untung (U) atau laba adalah keadaan yang terjadi bila harga jual lebih tinggi daripada harga beli. Besarnya untung dalam rupiah sama dengan selisih dari harga penjualan dengan harga pembelian.
Rumus_untung_rugi_matematika
Rumus_untung_rugi_matematika
Contoh Soal dan Pembahasan
1. Budi membeli sepeda seharga Rp. 180.000,00. Setelah diperbaiki dengan biaya Rp. 40.000,00, sepeda tersebut dijual dengan harga Rp. 275.000,00. 
Presentase keuntungan yang diperoleh adalah...
contoh_soal_harga_beli_dan_jual
contoh_soal_harga_beli_dan_jual

2. Harga pembelian sebuah roti Rp. 5.000,00. Roti tersebut dijual dengan keuntungan 15%. Harga penjualan 100 buah roti adalah...
contoh_soal_rugi_untung_2
contoh_soal_rugi_untung_2
Sekian dan Terimakasih, Semoga Membantu
close