UTBK 2022 Fokus pada Penalaran dan Pemecahan Masalah

UTBK 2022 Fokus pada Penalaran dan Pemecahan Masalah|beda utbk tahun lalu dengan sekarang, tes utbk 2022, apa saja tes utbk 2022, soal-soal penalaran, soal-soal pemecahan masalah, latihan utbk 2022
 UTBK 2022 Fokus pada 
Penalaran dan Pemecahan Masalah
UTBK 2022 Fokus pada Penalaran dan Pemecahan Masalah

UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) 2022 dikabarkan untuk materi tes kemampuan akademik(TKA) akan dihapus. Kita ketahui bersama untuk Materi UTBK sebelumnya terdiri dari : 
*Tes Potensi Skolastik (TPS) 
TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaaan Matematika Dasar. 
*Tes Kemampuan Bahasa Inggris 
Mengukur kemampuan Bahasa inggris yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran di perguruan tinggi. 
*Tes Kemampuan Akademik (TKA) 
Mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten matapelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). 
Menteri Nadiem menyinggung salah satu poin dalam transformasi seleksi di mana soal tes yang diujikan pada seleksi berdasarkan tes akan berfokus pada penalaran dan pemecahan masalah. Dengan demikian kata Nadiem, tidak ada lagi tes mata pelajaran tertentu maupun soal-soal hafalan. 

Merespons hal ini, orang tua dari siswa SMA 1 Yogyakarta, Astuti Andriyani menyambut positif. “Kebijakan ini mengurangi beban belajar anak kami yang harus menyelesaikan 15 mata pelajaran di sekolah, lalu mempersiapkan Ujian Tes Berbasi Komputer (UTBK) yang fokus kepada rumus, hafalan, serta harus mempelajari tips jitu mengenali karakteristik soal,” urainya menjabarkan beban persiapan yang dirasakan anaknya untuk masuk ke PTN. “Dengan penyederhanaan soal UTBK ke model soal penalaran, anak tidak perlu menyediakan waktu maupun materi khusus karena materinya sudah menjadi satu kesatuan dalam pembelajaran sehari-hari di kelas. Saya setuju dengan pengutamaan. Soal-soal penalaran ini karena sangat bermanfaat untuk mempersiapkan kompetensi anak-anak dalam mengasah pola pikir yang kritis dan logis sesuai dengan kondisi di dunia kerja nanti,” ujarnya yang merasa lega dengan adanya kebijakan ini. 

Sebelum mengakhiri, Mendikbudristek kembali menggarisbawahi pentingnya gotong-royong dan kolaborasi untuk mentransformasikan sistem pendidikan di Indonesia. “Saya harap semua dari kita bisa mengambil manfaat dari tramsformasi sistem seleksi masuk PTN ini dengan terus mewujudkan pembelajaran yang berkualitas dan memperioritaskan kebutuhan peserta didik,” tutup Nadiem. 
Kesimpulan : Jalur SBMPTN masih adaa, tetapi untuk TKA dihapuskan, jadi hanya ada TPS> Berikut Subbab TPS :
1. Potensi Kognitif 
2. Penalaran Matematika 
3. Literasi dalam bahasa indonesia 
4. Literasi dalam bahasa Inggris
close