Pertanyaan-pertanyaan Seputar PPG Kemdikbud(2022)

Pertanyaan-pertanyaan Seputar PPG Kemdikbud(2022)|notifikasi seleksi ppg, prosedur ganti bidang ppg, kapan ppg prajabtan dibuka
 Pertanyaan-pertanyaan Seputar PPG (Program Profesi Guru)
Kemdikbud

Pertanyaan-pertanyaan_Seputar_PPG
Pertanyaan-pertanyaan_Seputar_PPG

Mengapa Notifikasi Pengumuman Hasil Seleksi akademik saya hilang dari SIMPKB ? Saya belum mendapatkan kuota/panggilan tahun 2022. 
Jawaban : Bagi guru-guru yang belum mendapatkan pemanggilan pada tahun 2022 agar menunggu infomrasi PPG Daljab tahun berikutnya. Notifikasi pada tahun 2022 sementara dihilangkan namun database tetap tersimpan.

Jika sudah lulus seleksi tahun 2022 tetapi belum dapat pemanggilan, apakah tahun depan ikut seleksi ulang ?
jawaban Bagi guru-guru yang sudah lulus seleksi namun belum mendapatkan pamanggilan pada tahun 2022 agar menunggu informasi ketentuan dan syarat PPG Daljab tahun berikutnya.

Bagaimana prosedur jika ingin mengganti bidang studi PPG ?. saya sudah lulus selesksi tetapi saya diterima ASN pada bidang Studi lain. 
Jawaban : Bagi guru yang telah lulus seleksi namun ingin mengganti bidang studi akan dimintai konfirmasi penggantian bidang studi pada SIMPKB. Jadwal Konfirmasi akan diinformasikan melalui suart edaran resmi, Selanjutnya guru akan mengikuti proses seleksi kembali untuk bidang studi yang diganti tersebut.

Saya telah dapat pemanggilan PPG daljab dan sudah lapor diri, namun tidak dapat mengikuti proses PPG Daljab sampai selesai. Apakah saya dapat mengikuti PPG Daljab di tahun berikutnya ?
jawaban : Bagi guru yang telah melakukan lapor diri namun belum sampai pada tahap menerima BANPEM PPG DALJAB maka dapat mengikuti PPG Daljab tahun berikutnya sesuai kuota yang tersedia. Namun jika sudah menerima BANPEM PPG DALJAB maka akan ditinjau kembali proses pemanggilan ulang guru tersebut.

Kapan PPG Prajabatan akan dibuka kembali ? 
Jawaban : PPG Prajabatan saat ini menjadi salah satu program prioritas dari kemendikbudristek yang akan dilaksanakan secara berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya dalam rangka menyiapkan calon-calon guru profesional untuk siap bertugas mengisi kebutuhan guru di satuan pendidikan.

Bidang studi apa saja yang akan dibuka pada saat pembukaan PPG Prajabatan nanti ?
Jawaban : Bidang studi yang akan dibuka untuk program PPG Prajabtan pada setiap periode/tahunnya disesuaikan dengan data kebutuhan guru di tahun berikutnya. Saat ini kami masih melakukan rekonsiliasi data dengan unti-unit yang terkait dengan data kebutuhan guru. Namun, kami berencana di tahun 2023 akan membuka bidang studi kejuruan (bidang studi SMK yang belum dibuka di tahun 2022).

Apakah perkuliahan (PPG Prajabatan dilaksanakan secara gratis atau ada biaya yang ditanggung peserta ?)
jawaban : bagi yang ditetapkan sebagai mahasiswa PPG Prajabtan tahun 2022 akan mendapat Beasiswa dalam bentuk biaya pendidikan sebesar Rp 17.000.000,00 (17 Juta) untuk membayar biaya kuliah selama dua semester.

Apa keuntungan yang didapat dari mengikuti PPG Prajabatan ? 
jawaban : Manfaat yang didapatkan mengikuti PPG Prajabatan adalah :
1. Memperoleh sertifikat pendidik
2. Meningktakan kompetensi pedagogik, sosial, profesional, dan kepribadian untuk memulai karier sebagai guru profesional
3. Memperoleh pengakuan sebagai guruprofesional
close