Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD(Student Team Achievement Division)

Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD(Student Team Achievement Division)|pembelajaran stad, tipe stad, kooperatif stad, pembelajaran kooperatif
Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
(Student Team Achievement Division)

Pembelajaran_Kooperatif_Tipe_STAD
Pembelajaran_Kooperatif_Tipe_STAD

Tipe STAD (Student Team Achievement Division) 
Pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division(STAD) yang dikembangkan oleh Robert Slavin dan teman-temannya di Universitas John Hopkin merupakan pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, dan merupakan pembelajaran kooperatif yang cocok digunakan oleh guru yang baru menggunakan pembelajaran kooperatif. 
Pembelajaran kooperatif tipe STAD terdiri dari lima tahapan utama sebagai berikut: 
a. Presentasi kelas. 
 Materi pelajaran dipresentasikan oleh guru dengan menggunakan metode pembelajaran. Siswa mengikuti presentasi guru dengan seksama sebagai persiapan untuk mengikuti tes berikutnya. 
b. Kerja kelompok. 
 Kelompok terdiri dari 4-5 orang. Dalam kegiatan kelompok ini, para siswa bersama-sama mendiskusikan masalah yang dihadapi, membandingkan jawaban, atau memperbaiki miskonsepsi. Kelompok diharapkan bekerja sama dengan sebaik-baiknya dan saling membantu dalam memahami materi pelajaran. 
c. Tes.
 Setelah kegiatan presentasi guru dan kegiatan kelompok, siswa diberikan tes secara individual. Dalam menjawab tes, siswa tidak diperkenankan saling membantu.
d. Peningkatan skor individu. 
 Setiap anggota kelompok diharapkan mencapai skor tes yang tinggi karena skor ini akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan skor rata-rata kelompok. 
e. Penghargaan kelompok. 
 Kelompok yang mencapai rata-rata skor tertinggi, diberikan penghargaan.
close