Sulitnya Cari Pekerjaan Saat ini, Berikut Alasannya

Sulitnya Cari Pekerjaan Saat ini, Berikut Alasan-Nya|alasan sulit cari kerja, cari kerja sulit alasan-Nya, faktor sulit cari kerja, persaiangan cari kerja
Cari pekerjaan dapat menjadi sulit karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya, diantaranya:

sulitnya-cari-pekerjaan-saat-ini-berikut-alasan-nya
sulitnya-cari-pekerjaan-saat-ini-berikut-alasan-nya

1. Persaingan yang ketat 
Banyak orang mencari pekerjaan yang sama, terutama di bidang yang populer. Hal ini membuat persaingan menjadi sangat ketat, dan kadang-kadang sulit untuk menonjol di antara kandidat lain.

2. Keterbatasan peluang
Terkadang pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan minat kita tidak tersedia di daerah tempat tinggal kita. Hal ini membuat mencari pekerjaan menjadi sulit karena harus mencari di daerah lain atau bahkan negara lain. 

3. Kriteria seleksi yang ketat
Perusahaan biasanya memiliki kriteria seleksi yang ketat untuk menemukan karyawan yang terbaik. Hal ini membuat pencari kerja harus memenuhi kriteria tersebut untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

4. Tidak memiliki pengalaman
Banyak perusahaan mencari karyawan yang memiliki pengalaman dalam bidang yang sama. Jika seseorang tidak memiliki pengalaman, mereka mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. 

5. Kurangnya keterampilan atau keahlian
Beberapa pekerjaan membutuhkan keterampilan atau keahlian yang spesifik. Jika seseorang tidak memiliki keterampilan atau keahlian yang dibutuhkan, mereka mungkin tidak memenuhi persyaratan pekerjaan dan sulit untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. 

Dengan demikian, mencari pekerjaan memang bisa menjadi sulit dan memerlukan upaya yang lebih untuk berhasil mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Namun, dengan tekad dan ketekunan, seseorang dapat mengatasi rintangan-rintangan tersebut dan berhasil mencari pekerjaan yang diinginkan.

Sebagian besar orang tidak mengetahui pekerjaan apa yang cocok untuk dirinya sehingga asal melamar pekerjaan saja. Yang penting kerja. Biasanya orang-orang dengan tipe seperti ini akan berusaha keras untuk memberikan jawaban yang tepat pada saat mengikuti psikotes karena tidak percaya dengan kemampuan diri sendiri. Padahal HRD atau psikolog bisa dengan mudah mengetahui mana jawaban yang mengada-ada dan mana jawaban yang memang sesuai dengan karakter pelamar. Kedua, mengetahui persiapan saat hendak melamar kerja. Mana mungkin ingin melamar kerja namun tidak tahu apa-apa? Salah besar menganggap jika melamar kerja hanyalah sebagai ajang untuk coba-coba dengan harapan peluang lulusan strata satu lebih mudah mendapatkan pekerjaan, mengingat persaingan di zaman sekarang jauh berbeda dibandingkan dahulu. 

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan potensi dalam memenangkan persaingan di dunia kerja, di antaranya : 

1. Mengikuti organisasi. 
Ada begitu banyak organisasi yang bisa diikuti, namun pilihlah organisasi yang relevan dengan pekerjaan yang hendak dituju. Misalnya jika ingin menjadi PR dalam sebuah perusahaan, Anda bisa mengikuti organisasi public speaking atau debat bahasa Inggris. Jika ingin bekerja di industri kreatif maka Anda bisa mengikuti organisasi kepenulisan, desain, coding, IT atau programmer

2. Menguasai kemampuan lain
Menjadi seseorang yang berbeda dari yang lain bisa jadi nilai plus tersendiri, apalagi jika Anda belum memiliki pengalaman kerja ataupun organisasi. Misalnya lulusan strata satu pendidikan bahasa Arab yang juga mempelajari dunia kepenulisan. Siapa yang menyangka jika di kemudian hari justru kemampuan tulis-menulis banyak dibutuhkan di zaman serba online seperti sekarang. IPK tinggi. Poin yang satu ini juga tidak kalah penting meski bukan satu-satunya penilaian perusahaan, karena IPK tinggi juga bisa jadi andalan dan sering dilirik oleh perusahaan, dinilai sebagai individu yang cerdas dan punya potensi.
Sekian dan Terimakasih

Sumber : 
https://www.dw.com/id/usai-pandemi-angkatan-kerja-muda-sulit-cari-kerja
https://stekom.ac.id/artikel/kenapa-sekarang-cari-kerja-susah
close