Keuntungan PPPK di UU ASN Nomor 20 Tahun 2023

Keuntungan PPPK di UU ASN Nomor 20 Tahun 2023 |uu asn, asn nomor 20, keuntungan pppk

Keuntungan PPPK di UU ASN Nomor 20 Tahun 2023

Keuntungan_PPPK_di_UU_ASN_Nomor_20_Tahun_2023
UU ASN Nomor 20 Tahun 2023 membawa angin segar bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Berbeda dengan UU sebelumnya, UU baru ini memberikan banyak keuntungan bagi PPPK, menyamakan hak mereka dengan PNS dalam beberapa aspek. 





Berikut beberapa keuntungan yang didapatkan PPPK: 

1. Hak dan Kewajiban yang Sama dengan PNS 

UU ASN Nomor 20 Tahun 2023 menegaskan bahwa PPPK memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan PNS. Hal ini meliputi: Gaji dan tunjangan Cuti Pengembangan diri Penilaian kinerja Penghargaan Perlindungan hukum 

2. Jaminan Pensiun 

Salah satu aturan baru dalam UU ASN No 20 Tahun 2023 adalah pemberian Jaminan Pensiun dan JHT bagi PPPK di Indonesia. Jika berkaca pada UU ASN sebelumnya, Jaminan Pensiun dan JHT hanya diberikan oleh negara kepada PNS saja. Namun, berkat UU ASN No 20 Tahun 2023, akhirnya PPPK juga berhak menerima keduanya.

3. Kesempatan untuk Mendapatkan Jabatan Fungsional 

PPPK kini memiliki kesempatan untuk mendapatkan jabatan fungsional, seperti guru, dokter, dan insinyur. Hal ini membuka peluang bagi mereka untuk mengembangkan karir dan meningkatkan penghasilan. 

4. Perlindungan Hukum 

PPPK kini mendapatkan perlindungan hukum yang sama dengan PNS. Hal ini berarti mereka memiliki hak untuk mengajukan gugatan jika merasa dirugikan dalam proses pengangkatan, penilaian kinerja, atau pemberhentian. 

5. Kesempatan untuk Mengikuti Diklat 

PPPK memiliki kesempatan untuk mengikuti diklat yang diselenggarakan oleh pemerintah. Diklat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme PPPK. 

6. Penghargaan 

PPPK dapat menerima penghargaan atas kinerja dan prestasinya. Penghargaan ini dapat berupa:Tanda kehormatan Satya Lencana Penghargaan lainnya.
UU ASN Nomor 20 Tahun 2023 memberikan banyak keuntungan bagi PPPK. Keuntungan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan motivasi PPPK dalam bekerja. 

close